Tanya Dokter

  • Kram perut yang hebat saat haid

  •  Marliana lia
    Anggota
    Sejak awal prtama kali saya haid selalu sebulan 2x trus dok, 2 bln lalu saya sudah mnikah dan saya telat haid saya pikir saya hamil tp saat telat 5 hari saya tes hasil y negatif. Ga tau y telat haid y smpai sebulan dok saya khawatir jd saya berencana ingin USG, sbelum prgi USG trnyata saya haid dok dan mengalami kram d bawah perut yg sngat sakit. Apakah saya mengalami perubahan hormon setelah mnikah dok ?? Krna stiap kali saya haid sbulan 2x itu blum prnah mrasakan kram perut sesakit ini dok

    Halo Marliana......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami dengan keluhan utama berupa timbulnya rasa sakit pada saat menstruasi atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai dismenore, jika sudah sangat mengganggu aktivitas perlu diwaspadai penyebabnya merupakan suatu kondisi medis tertentu.

    Berikut ini beberapa hal yang dapat memicu timbulnya rasa sakit pada saat menstruasi yang tidak tertahankan, diantaranya adalah : 

    • Endometriosis === terjadi ketika sel - sel yang menyelubungi rahim mulai tumbuh di luar rahim.
    • Penyempitan leher rahim.
    • Fibroid === Tumor yang tidak bersifat kanker di dalam rahim.
    • Adenomiosis === jaringan lapisan paling dalam rahim mulai tumbuh ke dalam dinding otot rahim.
    • Peradangan pada panggul.

     

    Jika kondisi ini baru pertama kali Anda alami, maka Anda tidak perlu khawati berlebih. Akan tetapi apabila rasa sakit yang sangat pada saat menstruasi terus saja muncul setiap Anda menstruasi, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, tes urine, USG khusus obsgyn, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda.

    DISMENOREA

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati