Tanya Dokter

  • ketakutan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan rumah sakit

  • Dok saya mau tanya, stiap saya disuntik mau itu pengambilan darah or suntik bius kenapa setelah nya tubuh saya langsung kram semua meskipun yg di suntiknya itu tangan saja atau kaki tapi yg kram nya itu semuanya. Trus juga stiap kali saya memasuki yg namanya rumah sakit dan bau obat" nya saya suka tiba" pusing dan sering mual. Apakah saya alergi? atau kenapa?? Trimakasih dok..

    fb-ristyccatia  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Risty, Sepertinya apa yang Anda alami mengarah ke fobia terhadap hal-hal yang berkaitan dengan rumah sakit maupun tindakan tertentu. Fobia adalah rasa takut berlebihan terhadap suatu hal hingga bisa menimbulkan kecemasan, panik, stress, depresi, dll. Terkadang fobia juga bisa membuat keluhan fisik seperti gemetar, bherdebar, mual, pingsan, pusing, dll. Fobia bisa dirasakan terhadap semua hal. Fobia terhadpa rumah sakit dan segala hal yang berhubungan dengan rumah sakit memang seringkali terjadi. Kemungkinan fobia terkait dengan beberapa faktor seperti trauma masa lalu, temperamen sensitif, terlalu pemalu, negative thinking, dan keturunan. Pencegahan paling utama untuk fobia adalah dengan menghindari penyebab fobia. Dalam hal ini bila tidak diperlukan, Anda bisa menghindari rumah sakit, jarum suntik, dll. Apabila Anda harus ke rumah sakit, usahakan untuk rileks dan tidak stress. Apabila terpaksa disuntik / diambil darah, Anda bisa melihat ke arah lain dan jangan pernah melihat jarum suntik ketika sedang dimasukkan ke tubuh Anda. Tarik napas dalam ketika akan disuntik mungkin bisa membantu Anda. Setelah disuntik, istirahatlah dulu dan jangan langsung bediri. Apabila kondisi fobia sudah sangat mengganggu Anda, Anda bisa berkonsultasi dengan psikiater dan psikolog agar dilakukan pemeriksaan dan diberikan penanganan lebih lanjut. Beberapa penanganan fobia yaitu:

    • Terapi kognitif
    • Penggunaan obat-obatan tertentu
    • Terapi desensitisasi / terapi pemaparan terhadap pemicu fobia
    Berikut informasi yang dapat Anda baca untuk menambah wawasan: Fobia Terimakasih dan semoga membantu, dr. Devika Y

    fb-ristyccatia  fb-ristyccatia
    Anggota

    Kalo smpai kram sluruh tubuh gitu apa brbhaya dok? soalnya sya wktu itu prnah pada saat akan dilakukan oprasi kecil pada mata ikan di kaki saya badan saya yg tadinya normal tensi darah nya turun mnjadi 60 tp disitu saya sadar, bisa mndengarkan obrolan dokter tp badan saya ga bisa gerak sama sekali. Apa pobia nya udah parah bangt ya dok? mohon info dan saran nya dok. Terimakasih..

    fb-ristyccatia  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Risty, Ya, fobia bisa menimbulkan gejala yang berat pada sebagian orang. Beberapa orang bisa sampai pingsan dan tekanan darahnya turun ketika mengalami fobia. Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan psikiater secara langsung. Sementara itu untuk mencegah fobia, Anda bisa menghindari faktor pencetus fobia itu sendiri. Semoga membantu ya, dr. Devika