Tanya Dokter

  • Kram setelah suntik

  •  Umi Hasanah
    Anggota

    Selamat pagi dok . Dok saya habis suntik 2 minggu yang lalu . Tapi kram nya masih terasa . Apakah bahaya seperti itu ?

    Hai,   Kram seperti apa yang ibu rasakan? di bagian mana? Kram dirasakan setelah suntik apa? Kapan timbul kram, segera sesudah suntik / berapa lama setelahnya? adakah riwayat alergi pada ibu? Untuk mengetahui kejelasan dari keluhan ibu sebaiknya ibu memeriksakan diri kembali kepada dokter yang menyuntik sebelumnya. Ceritakan dengan detil mengenai keluhan ibu dan tanyakan penanganan terbaiknya. Penyuntikan obat baik itu secara intravena, intra muskuler (otot), subkutis (lemak) dll sewajarnya tidak menimbulkan efek samping kram. Yang biasa dikeluhkan adalah nyeri di tempat suntikan saat penyuntikan dan biasanya nyeri segera menghilang setelah penyuntikan diselesaikan. Keluhan lain yang mungkin terjadi paska penyuntikan adalah :

    1. Pembengkakan lokal di tempat suntikan yang biasa menghilang dengan sendirinya atau dengan dikompres dingin.
    2. Infeksi di tempat penyuntikan bila saat menyuntik tidak diawali dengan tindakan asepsis yang baik. harus ditangani dengan pemberian antibiotik baik topikal maupun oral.
    3. Rasa penuh pada tempat suntikan yang bisa menghilang dengan melakukan massage di tempat suntikan.
    4. Rasa gatal jika Anda memiliki alergi terhadap komponen obat yang disuntik.
    5. Sesak dan keringat dingin jika terjadi shock anafilaksis akibat reaksi alergi yang parah pada komponen obat yang disuntikkan.
    Jika ibu mengalami kram (kaku otot) pada tempat penyuntikan maka sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter. Dokter akan memeriksa dengan seksama kondisi ibu dan memberikan penanganan sesuai indikasi yang ada. Untuk membantu mengurangi rasa kram pada tempat suntikan, mungkin Anda bisa mencoba beberapa langkah dibawah ini :
    1. Kompres hangat di tempat yang terasa kram/ kaku.
    2. Massage ringan bagian yang kram.
    3. Berikan obat krim penghilang nyeri / balsam.
    4. Tempelkan koyo.
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi