Tanya Dokter

  • Kram usus disertai flek

  • mlm dok , saya mau tanya nih perut saya sakit bagian bawah sebelah kanan , udah hampir 1minggu sakit , sakit disertai flek , setelah saya berobat katanya kram usus? maksutnya kram usus itu apa sih ? ko disertai flek darah jga ga berhenti2, itu bahaya ga? trus cara supaya nyerinya cepet hilang gmn dok? thank :)

    Dear Septi, Sakit perut bawah kanan disertai flek darah bisa berasal dari organ reproduksi, seperti:

    Bisa juga keduanya merupakan gejala yang terpisah. Berikut kemungkinan nyeri perut bawah kanan yang berasal dari organ pencernaan: Kram usus yang Anda maksud mungkin adalah sindrom iritasi usus besar dimana gejalanya berupa kram perut, kembung, disertai diare atau konstipasi. Sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter kebidanan dan kandungan agar dokter dapat menelusuri lebih lengkap keluhan Anda dan melakukan pemeriksaan fisik yang perlu dan juga mungkin akan melakukan pemeriksaan USG dan menganjurkan pemeriksan laboratorium untuk membantu menegakkan diagnosis. Terapi yang tepat akan diberikan dokter. Berikut tips umum yang dapat dilakukan:
    • minum obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti parasetamol
    • makan makanan bergizi seimbang teratur
    • minum air putih dalam jumlah cukup untuk menghindari dehidrasi
    • kelola stres dengan bijak
    • istirahat dan tidur yang berkualitas
    • olahraga ringan secara teratur minimal 3 kali seminggu
    Berikut laman yang dapat Anda baca: Sakit perut sebelah kanan Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya    

    makasih ya dok semua jawabannya , semua bermanfaat , ternyata aku mens , hehe anehnya biasanya datang bulang tngl 19 ko sekarang udah datng bln lg, cpt bgt , ko bisa gt ya?

    tumben juga sih datang bulan sakit perut aku , biasanya mah pegel2 , ini sakit nya melilit :'( sekarang aja masi ngerasaain , gmn ya dok supaya rasa nyerinya hilang , trs hrs hindari mknan apa?

    Septi Wahyu Ningsih  Mamboi
    Anggota

    Mau Sharing, pacarku juga sering telat datang bulan akhir2 ini dok, kenapa yah?