Tanya Dokter

  • Hasil lab kreatinin tinggi

  •  Dio Sarmawan
    Anggota
    malam dok, numpang tanya td barusan ambil hasil darah dr rs, dan hasilnya kreatinin serum tinggi 3.1 sedangkan bun normal 24 dan albumin kalium natrium semua normal, pertanyaan saya apakah ada mslah dgn ginjal saya tp knp hanya nilai kreatinin saja yg tinggi? tambahan saya hobby gym dan mengkonsumsi susu dan suplement untuk gym apakah itu berpengaruh? mohon dibantu untuk menjawab dok trims sblumnya
    Dio Sarmawan  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Dio,

    Kreatinin merupakan produk sisa hasil penguraian kreatin yang sebagian besar terdapat pada otot dan di-eksreksi (dikeluarkan) melalui ginjal. Peningkatan kreatinin dapat mengindikasikan adanya gangguan fungsi penyaringan ginjal sehingga kreatinin seringkali dijadikan indikator untuk mengevaluasi fungsi ginjal.

    Meskipun demikian, pada beberapa kondisi peningkatan kadar kreatinin ini tidak mengindikasikan adanya gangguan ginjal. Jumlah produksi kreatinin sendiri sangat bergantung dari massa otot keseluruhan, semakin tinggi massa otot maka semakin tinggi produksi kreatinin. Selain massa otot, jumlah kreatinin juga dapat meningkat bila terdapat kerusakan otot yang berat.

    Dikarenakan pada kondisi Anda hanya terjadi peningkatan kreatinin tanpa disertai peningkatan ureum (BUN) ataupun keluhan lainya maka sebaiknya Anda tidak merasa khawatir berlebih dan berkonsultasi dengan dokter secara langsung agar mendapat anjuran lebih lanjut. Bila dokter masih mencurigai adanya gangguan pada ginjal Anda maka dokter dapat menganjurkan pemeriksaan fungsi penyaringan ginjal (laju filtrasi glomerulus) untuk memastikanya.

    Berikut anjuran untuk Anda :

    • Lakukan pola hidup sehat
    • Konsumsi cukup air putih, minimal 2-3 liter perhari
    • Cukup istirahat
    • Konsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum menggunakan supplemen atau produk kesehatan lainya
    • Semoga bermanfaat,

      dr. Budiono