Tanya Dokter

  • HAsil tes fungsi ginjal

  •  vera_ernawati
    Anggota

    Selamat siang Dokter

     

    Saya wanita, berusia 40 tahun. Kemarin saya menjalani beberapa tes hormon terkait sedang menjalani program hamil. Selain tes hormon, ada tes fungsi ginjal. Hasilnya, ureum saya 27 mg/dl dan kreatinin 0,91 mg/dl. Gula sewaktu saya 91.

    Selama ini saya selalu kontrol asupan gula, saya merasa saya tidak punya diabetes dan tekanan darah saya cenderung rendah. Minggu lalu saya sempat tensi 110/80 . Saya juga rutin lari 5 km seminggu 3-4 kali.

    Yang ingin saya tanyakan adalah :

    1. Kenapa kreatinin saya bisa naik mendekati batas ambang normal? Sementara ureum saya masih normal.

    2. Apakah saya punya masalah kerusakan ginjal?

    3. Apakah saya harus cuci darah di kemudian hari?

    4. Apakah kreatinin saya masih punya kesempatan bisa kembali normal?

    5. Makanan apa yang bisa memperbaiki kreatinin saya?

    Mengingat alm papa dan alm mama saya memang dua2nya meninggal akibat gagal ginjal, hal tsb membuat saya kuatir.

    Terima kasih banyak atas bantuan Dokter

     

    Salam,

    Vera

     

     

    Halo vera,terimakasih telah bertanya di alodokter.
    Pada pertanyaan-pertanyaan anda,saya akan membantu sedikit menjelaskan. Umumnya penyakit ginjal merupakan penyakit yang progresif dan didahului oleh penyakit sebelumnya,misalnya penyakit ginjal akut atau kronis awalnya dicetuskan oleh tekanan darah tinggi,diabetes ataupun penyakit metabolik lain yang mempengaruhi daya filtrasi atau fungsi ginjal. Pemeriksaan darah lengkap biasanya termasuk pemeriksaan ureum dan kreatinin. Kadar kreatinin normal dalam tubuh berkisar antara 0,6-1,2mg/dL pada wanita dan pada pria berkisar 0,8-1,4 mg/dL. Kreatinin merupakan produk sisa dari kreatinin fosfat,adalah senyawa yang dapat ditemukan di jaringan otot. Biasanya peningkatan kadar kreatin dipengaruhi oleh gangguan fungsi ginjal. Oleh karena itu pada penderita penyakit ginjal,pemeriksaan kreatinin sangat diperlukan dalam mengevaluasi fungsi ginjal. pada kreatin anda dengan ukuran 0,91,dapat dianggap normal karena tidak melampaui batas normal. Peningkatan kadar kreatin pun dapat dipengaruhi oleh konsumsi obat-obatan,kurangnya minum/dehidrasi,peningkatan aktifitas fisik,penyakit ginjal,diabetes. Sedangkan pada ureum,kadar ureum normal berkisar antara 10-50 mg/dL. Kadar ureum dipengaruhi oleh proses infeksi,perdarahan pada lambung. Sebaiknya anda tidak terlalu khawatir dengan hasil laboratorium ureum kreatinin anda,anda dapat membantu dengan konsumsi cukup air,melakukan aktivitas olahraga,istirahat cukup dan mengkonsumsi obat-obatan sesuai anjuran dokter. Tetapi jika and aingin berkonsultasi lebih lanjut,anda dapat berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam. Demikian info yang dapat diberikan,semoga bermanfaat,salam dr. Celleen