Tanya Dokter

  • Kubis untuk penderita kanker payudara

  •  Maria_ulfa
    Anggota
    Dok,untuk penderita kanker payudara yang telah melakukan penyembuhan berupa pengangkatan payudara apakah boleh mengonsumsi kubis? Beberapa artikel menyebutkan bahwa kubis baik untuk mencegah kanker payudara,namun artikel lain menyebutkan bahwa kubis merupakan pantangan bagi wanita yang sedang melakukan penyembuhan kanker payudara. Mohon penjelasannya , terimakasih.

    Hai Maria_ulfa,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Kanker payudara merupakan momok menakutkan bagi wanita. Mengingat insidensinya yang cukup banyak, berbagai upaya kerap dilakukan untuk mengetahui cara pencegahan berikut penanganannya, termasuk salah satunya melalui modifikasi diet.

    Kubis (cabbage, Brassica oleracea var. capitata) memang banyak dianjurkan pada beberapa literatur untuk dikonsumsi oleh penderita kanker, termasuk juga kanker payudara. Mengapa demikian? Kubis mengandung berbagai nutrisi, salah satunya adalah glucosinolate. Saat dikonsumsi dan dicerna, glucosinolate akan dipecah menjadi beberapa komponen aktif, di antaranya indole, nitrile, thiocyanate, dan isothiocyanate. Komponen-komponen ini sudah terbukti memiliki sifat anti kanker melalui penelitian yang dilakukan pada tikus. Untuk menjalankan fungsi ini, indole, nitrile, thiocyanate, dan isothiocyanate bekerja dengan caraL

    • Melindungi sel dari kerusakan DNA
    • Membantu menginaktivasi karsinogen
    • Memiliki sifat antivirus dan antibakteri
    • Memiliki sifat anti radang
    • Memicu apoptosis (kematian sel)
    • Menghambat proliferasi pembuluh darah yang menyokong pertumbuhan sel tumor

    Namun, penelitian yang dilakukan pada manusia hingga kini masih menunjukkan hasil yang meragukan, ada yang mendukung penelitian di atas, namun ada pula yang sebaliknya. Karenanya, sebaiknya penderita kanker payudara yang sudah menjalani penangkatan payudara tetap tidak berlebihan dalam mengkonsumsi kubis ya..

    Sekian penjelasan dari kami. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis bedah onkologi.

     

    Artikel berikut mungkin berguna bagi Anda:

    Cruciferous vegetables and cancer prevention

     

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah