Tanya Dokter

  • kulit areola payudara kering, mengelupas, dan berair

  • dok, saya sedang hami 27 minggu. sudah beberapa minggu lalu kuli areola (lingkaran hitam) payudara kanan saya kering dan mengeras. suatu ketika setelah selesai mandi, kulit tersebut mengelupas dengan sendirinya. namun, bekas kelupasan itu malah jadi basah berair dan jika lama dibiarkan dapat menempel pada kain BH saya.. rasanya ada perih dan gatal. pengobatan dini apa yang harus dilakukan agar kulit tersebut tidak terus menerus basah dan menempel pada kain BH atau baju yang saya kenakan?

    Halo,   Kulit areola yang basah dan berair mungkin menandakan adanya infeksi atau peradangan pada kulit Anda. Namun bisa juga kondisi Anda disebabkan karena :

    1. Dermatitis
    2. Impetigo
    3. Penyakit paget.
    4. Dehidrasi
    5. Hormonal
    6. dll.
    Karena kondisi hamil Anda maka sangat disarankan bagi Anda untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan mengenai kondisi payudara Anda. Dengan pemeriksaan fisik maka penyebab dari kondisi kulit payudara Anda bisa diketahui dan diberikan pengobatan yang maksimal. Untuk perawatan luka, Anda bisa melakukan :
    1. Jaga kebersihan luka dengan membersihkan luka dengan cairan antiseptik yang aman seperti rivanol.
    2. Gunakan salep antibiotik dan antiradang yang dianjurkan dokter untuk luka Anda.
    3. Tutup luka Anda dengan kassa steril atau dressing khusus agar mencegah luka menempel ke bra Anda.
    4. Makan gizi seimbang agar luka cepat sembuh.
    5. Hindari luka terkena air dan kotor.
    6. Gunakan pelembab khusus untuk bagian dada Anda.
    7. Banyak minum air putih.
    Jika luka tidak mengering setelah perawatan luka sendiri atau timbul nanah, demam tinggi dll maka segera hubungi dokter terdekat. Baca artikel mengenai Perubahan payudara saat hamil.   Semoga membantu.   dr. Yusi