Tanya Dokter

  • kulit bentol-bentol pada suhu yang dingin

  •  rahmah
    Anggota

    dok, dari kalas 4 sd saya sering mengalami bentol-bentol setelah kelamaan di air atau terkena terik matahari sampai keringatan saya juga tidak mempunyai alergi makanan sama sekali, awalnya saya selalu membiarkannya saja karena gatalnya tidak terlalu parah, tapi saat saya smk gatal-gatalnya makin parah apalagi sekarang saya lagi psg di bank dan setiap hari pula saya selalu mengalami bentol-bentol di tubuh saya, saya mencoba untuk terbiasa di suhu yang dingin tapi tetap saja gatal-gatal itu muncul, saya juga pernah mencoba meminum habatussauda tapi tetap saja bentol-bentol bila kelamaan di suhu dingin, bagaimana cara menghilangkan bentol-bentol saya dok agar tetap bisa berada di suhu dingin ?

    Hai,   Alergi yang timbul pada saat terpapar dingin / alergi dingin diakibatkan karena reaksi imun tubuh yang berlebih (histamin) ke dalam aliran darah saat tubuh terpapar oleh cuaca/ kondisi dingin. Gejala yang dapat timbul antara lain:

    1. Saat memegang benda dingin, tangan terasa bengkak/ timbul bentol bentol.
    2. Muncul bilur yang terasa gatal
    3. Saat mengonsumsi makanan dingin, bibir dan tenggorokan terasa bengkak.
    4. Kulit berwarna kemerahan.
    5. dll.
    Tindakan Anda membiasakan diri berada pada kondisi dingin bisa memperburuk kondisi Alergi Anda dan membahayakan nyawa. Tes provokasi dingin yang Anda lakukan bisa menyebabkan pelepasan histamin dalam skala besar ke dalam aliran darah dan menyebabkan shock anafilaksis pada Anda. Diagnosa alergi dingin sangat mudah dilakukan, Tes provokasi sederhana dapat ANda lakukan dengan menempelkan batu es pada tangan Anda, jika Anda alergi dingin maka tempat yang ditempelkan es akan menjadi kemerahan, bentol dan bahkan gatal. Beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko timbulnya alergi dingin yaitu:
    • Anak-anak dan remaja = adalah usia yang paling sering terkena alergi dingin dan biasanya membaik dengan sendirinya seiring pertambahan usia.
    • Penyakit dasar tertentu =Gangguan kesehatan atau penyakittertentu, seperti kanker atau hepatitis dapat meningkatkan resiko terkena alergi dingin.
    • Infeksi = Mereka yang baru-baru saja terkena infeksi seperti pneumonia (radang paru-paru) lebih beresiko mengalami alergi dingin.
    • Genetika/ keturunan.
    Untuk mengatasi dan mencegah alergi dingin timbul maka sebaiknya Anda melakukan hal hal dibawah ini yaitu :
    1. Hindari mengonsumsi makanan dan minuman dingin.
    2. Mengonsumsi obat yang diberikan dokter seperti antihistamin jenis cyproheptadine dll.
    3. Lindungi kulit dari  cuaca dingin dengan menggunakan baju tebal, sweater, jaket dan celana panjang dll.
    4. Banyak minum air hangat.
    5. Makan permen jahe/ air jahe.
    6. Menghindari tempat dengan cuaca dingin yang ekstrem seperti tempat bersalju dll.
    Baca topik Urtikaria. Semoga membantu.   dr. Yusi

    Dok, penyakit kaya gini bisa di sembuhkan secara permanen ga ya? Kalo saya berenang/kehujanan suka timbul soalnya, jadi nggak nyaman gitu