Tanya Dokter

  • Mengatasi bentol dan gatal pada tubuh

  •  vika dessy r
    Anggota

    Assalamualaikum Dok,

    sudah 3 bulan terakhir ini muncul bentol bentol (lebar)  dan gatal di bagian2 tubuh, untuk tempat munculnya pindah2, namun dari kulit kepala sampai kaki pernah muncul bentol2 tersebut, namun tidak bersamaan. bahkan saat saya coba cubit atau garuk, muncul bentol sesuai bekas tindakan saya, dan itu gatal. 

    saya minum Cetirizin, setiap merasakan gatal, mungkin tiap 2 sd 3 hari sekali. Saya pernah ke dokter tapi belum tuntas (belum ketemu penyebabnya).

    Saya harus bagaimana dok? ini alergi apa? sy sedang promil apa tidak bahaya jika saya mengkonsumsi obat Cetirizin tersebut? 

    Halo vika......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami kemungkinan mengarah ke yang dalam bahasa medis disebut sebagai urtikaria, atau orang awam sering menyebutnya sebagai biduran, yaitu reaksi kulit yang ditandai dengan munculnya bentol berwarna kemerahan atau putih dan terasa gatal.

    Jenis urtikaria yang Anda alami kemungkinan mengarah ke urtikaria kronis, dimana hal ini berlangsung lebih dari enam minggu, atau bersifat kambuhan selama beberapa bulan atau bahkan tahun.

    Berikut ini beberapa hal yang umumnya memicu timbulnya urtikaria kronis, yaitu : infeksi kronis, gangguan tiroid, infeksi virus, hepatitis, stres psikologis, penyakit Lupus, dan lain sebagainya.

    Jika Anda saat ini sedang mengikuti program kehamilan, maka salah satu syaratnya memang tidak boleh mengonsumsi obat obatan tertentu secara berlebihan. Oleh karena itu kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit kulit, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga penanganan tepat dapat dibrikan sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati