Tanya Dokter

  • Kulit gatal memerah kemudian melebar

  •  aria92
    Anggota

    halo dok, saya mau tanya sebenarnya kulit saya ini kenapa. pertama kali muncul di daerah paha bentuknya kecil lalu membersar spt foto pertama/kiri atas. lalu tiba" menyebar ke leher. yang di leher sudah sembuh dan mengering lalu tiba" menyebar ke perut, punggung, lengan dan paha bagian lainnya. saya sudah ke dokter kulit namun saya hanya diberi obat anti alergi dan krim yang saya gatau itu krim apa tanpa dokternya menjelaskan saya sakit apa, saya sudah tanya namun dokternya hanya bilang kemungkinan alergi namun dia juga bilang tidak tahu penyebab alerginya apa.

    kira" kulit saya ini kenapa ya dok? mohon penjelasannya serta solusi penyembuhannya.

    terima kasih

     

    foto:

    aria92  dr. F. Sutandi
    Dokter

    Halo Aria92, Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.com. Masalah kulit yang Anda keluhkan ini dapat disebabkan oleh beberapa hal. Penyebab yang sering adalah masalah alergi, selain itu masalah jamur, masalah infeksi bakteri juga dapat menyebabkan kondisi ini. Beberapa hal yang meningkatkan risiko Anda mengalami kondisi ini adalah:

    • paparan terhadap zat-zat yang menyebabkan alergi seperti debu, udara dingin, bulu hewan peliharaan
    • tidak mengeringkan tubuh dengan baik.
    • riwayat genetik terkena masalah ini yang terdapat pada keluarga dekat sepreti orang tua dan saudara.
    Sebaiknya Anda kembali ke dokter yang sebelumnya apabila kondisi ini tidak kunjung sembuh. Beberapa hal yang dapat Anda coba dirumah untuk mengurangi gejala yang Anda rasakan termasuk:
    • mengurangi paparan terhadap zat yang dapat menyebabkan alergi yang ditulis di atas
    • membersihkan AC/karpet di rumah dan tempat kerja secara teratur
    • mengeringkan badan dengan handuk secara menyeluruh sehabis mandi
    Sebaiknya Anda melanjutkan obat yang telah diberikan oleh dokter sebelumnya. Apabila sudah habis, sebaiknya kembali lagi untuk mendiskusikan perkembangan kondisi Anda ini dengan dokter tersebut. Semoga bermanfaat ya, dr. Sutandi