Tanya Dokter

  • Cara memutihkan kulit hitam

  •  reza12345
    Anggota
    Halo dok, umur saya 14 tahun. Saya mempunyai kulit yang hitam dan sedikit berwarna merah, padahal saya jarang keluar rumah. Saya juga sering luluran dan menggosok kulit saya, tpi tidak ada hasil. Ayah saya kulitnya hitam, dan ibu saya putih. Yang saya tanyakan, apakah kulit saya bisa putih dok?, dan apa yg harus saya lakukan. Terima kasih.

    Halo,

     

    Warna kulit disebabkan karena adanya zat bernama melanin pada kulit tubuh seseorang. Pada kulit hitam maka mereka memiliki melanin lebih banyak daripada kulit putih. 

    Pada prinsipnya warna kulit ditentukan oleh genetik saat bayi dikandung (sejak konsepsi dimulai) jadi jika Anda memiliki orang tua dengan kulit hitam maka Anda memiliki kecenderungan untuk berwarna kulit hitam atau kecoklatan.

    Untuk memutihkan kulit memang bisa dilakukan, hingga kini dunia medis mengenal beberapa jenis metode memutihkan kulit dengan cara =

    1. Obat oles, umumnya diberikan saat usia remaja (> 15 tahun) 
    2. Melakukan scrubbing untuk mengurangi kekusaman pada kulit yang dapat membuat kulit nampak lebih gelap.
    3. Menghindari paparan sinar matahari berlebih dengan menggunakan tabir surya, menggunakan pelindung lain seperti topi, jaket lengan panjang, dll.
    4. Menggunakan pelembab mengandung pemutih yang aman.
    5. Melakukan peeling atau laser untuk daerah daerah tertentu yang berwarana gelap akibat penumpukan melanin.
    6. Melakukan suntik putih, namun metode ini belum dipastikan bisa memutihkan kulit secara aman.

    Memiliki kulit hitam bukan berarti tidak cantik, pastikan kulit Anda sehat maka walaupun kulit Anda berwarna hitam namun akan tetap nampak cantik. Perbanyak asupan cairan, gunakan pelembab yang cocok dengan kulit Anda. Saat melakukan scrubbing hindari menggosok kulit terlalu kuat yang justru bisa menimbulkan iritasi dna membuat kulit nampak lebih hitam.

    Semoga membantu.

     

    dr. Yusi