Tanya Dokter

  • Jari tangan terasa nyeri dan kulit terkelupas

  •  Hotaru Dei
    Anggota
    Selamat pagi dok.. Konsultasi tentang 2 teman cewe saya. Yang pertama pada jari tangannya seperti tersayat pisau, katanya kelainannya ini mulai muncul saat smp, kalau kulit jarinya itu kering akan terkelupas dan saat terkelupas itu akan keluar darah, pernah beberapa kali semua jarinya penuh pelester obat sampai-sampai saat pemeriksaan ktp, sidik jarinya sulit terbaca karna sudah sangat seeing terkelupas dan sampai sekarang kulit jarinya masih seperti tersayat pisau. Yang kedua teman saya itu punya masalah dengan haid, katanya sampai sekarang dia belum pernah haid, pernah saya nyinggung kenapa, dia menangis dan saya merasa bersalah karna saya juga tidak tahu.. Pertanyaannya dok.. Apa ada pengobatan buat mereka? Apa ada efek samping dari penyakit mereka kedepannya? Pengobatan seperti apa yang harus mereka lakukan? Dan juga obat yang mereka konsumsi tidak akan keperpanjangan? Mereka berharga bagi saya dok, tolong mereka dok

    Hallo Hotaru Dei, terima kasih telah bertanya di Alodokter :')

    Mengenai kondisi yang teman anda alami :

    Keluhan jari tangan yang seperti tersayat pisau, kulit jari yang kering, terkelupas dan mengeluarkan darah kemungkinan karena teman anda tersebut mengalami kapalan. Kapalan (callus) adalah penebalan atau pengerasan kulit akibat tekanan dan gesekan yang berlebihan dan terjadi berulang yang umumnya menyebabkan kulit yang mengalami kapalan berwarna kekuningan. Kondisi ini biasanya muncul pada kaki, tumit, tangan, atau jari, dan bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan nyeri saat berjalan atau beraktivitas. Tanda dan gejala kulit kapalan terdiri dari :

    • terdapat sebagian kulit yang terasa kasar dan menebal,
    • adanya rasa nyeri atau sakit saat disentuh pada bagian kulit bahkan dapat terasa seperti tersayat pisau,
    • terdapat benjolan yang mengeras pada kulit,
    • kulit berubah menjadi kering atau pecah-pecah kadang hingga berdarah.

    Sebelumnya yang ingin saya tanyakan, berapakan usia teman anda yang belum mengalami menstruasi tersebut ? Keluhan tidak munculnya menstruasi merupakan gejala dari amenorea. Amenorea merupakan suatu gangguan menstruasi yang ditandai dengan berhentinya menstruasi pada seseorang yang memiliki siklus mentruasi normal atau tidak pernah munculnya menstruasi sama sekali pada diri seorang wanita. Amenorea terdiri dari 2 jenis, yaitu

    • Amenore primer yaitu suatu kondisi dimana seorang wanita belum pernah mengalami menstruasi sama sekali padahal sudah memasuki usia akil baligh atau sudah berusia diatas 16 tahun.
    • Amenorea sekunder yaitu suatu kondisi yang terjadi ketika menstruasi tiba-tiba terhenti selama empat bulan atau lebih atau perlahan-lahan menjadi jarang dan akhirnya berhenti sama sekali.

    Tentunya ada banyak pilihan pengobatan yang dapat diberikan bagi k2 sahabat anda tersebut. Diperlukan penggalian yang lebih mendalam lagi mengenai keluhan dan riwayat kesehatan yang sahabat anda alami. Selain itu diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung dan juga pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah atau pemeriksaan USG untuk dapat menentukkan diagnosis pasti keluhan - keluhan yang dialami oleh k2 sahabat anda tersebut. Oleh karena itu, jalan yang terbaik yang harus dilakukan agar sahabat anda bisa sembuh adalah periksakan kondisi kesehatan k2 sahabat anda tersebut ke dokter, agar mereka bisa mendapatkan pengobatan dan penanganan yang terbaik. Karena pengobatan yang tepat dan terbaik hanya dapat diberikan jika telah diketahui diagnosis pasti penyakit yang dialami. Berkepanjangan atau tidaknya pengobatan yang dilakukan pun hanya dapat diketahui setelah dokter melakukan pemeriksaan dan menegakkan diagnosis pada k2 sahabat anda tersebuit.

    Semoga bermanfaat

    - dr. Lia N. Amalina