Tanya Dokter

  • Gumpalan darah di kulit kepala

  • Halo dokter, di kepala sy ada timbul gumpalan darah sebesar kacang kedelai, itu apa ya dok? Adakah hubngan dgn alopecia areata krn sy pernah mengalaminya dan apa saran solusinya.. trims

    Hai,

    Alopecia areata adalah kebotakan yang terjadi pada satu atau beberapa area di daerah yang seharusnya berambut. Kondisi ini diduga berkaitan dengan penyakit autoimun, yaitu kelainan sistem kekebalan tubuh sehingga terjadi penyerangan terhadap sel/jaringan sendiri. Alopecia areata umumnya tidak menimbulkan benjolan.

    Gumpalan/benjolan di kepala biasanya disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening, tumor jaringan lunak (mis. lipoma), tumor pembuluh darah (mis. hemangioma), tumor tulang (mis. osteoma) atau tonjolan tulang normal. Kelenjar getah bening merupakan salah satu komponen daya tahan tubuh yang berfungsi sebagai markas sel darah putih; apabila terdapat proses infeksi / peradangan di sekitarnya, kelenjar bisa membengkak sebagai respons perlawanan. Tumor jaringan lunak/padat/pembuluh darah bisa bersifat jinak maupun ganas, namun kebanyakan bersifat jinak.

    Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter / Spesialis Kulit. Melalui wawancara klinis dan pemeriksaan fisik langsung barulah diagnosis yang meyakinkan bisa dibuat dan penanganan yang tepat bisa diberikan.

    Sementara waktu, gumpalan sebaiknya jangan terlalu sering dipegang karena dikhawatirkan dapat membuatnya semakin besar. Serta jagalah kebersihan kulit pada area yang terdapat gumpalan.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma