Tanya Dokter

  • Kulit kepala berkerak dan cara mengatasinya

  •  Misseynjay
    Anggota
    Doktor , saya dari malaysia ingin bertanya . Mengapakah kulit saya sejak kebelakangan ini berkerak dan apabila saya mengupasnya menggunakan kuku , kemudian kukit kepala saya mula berdarah dan mengeluarkan cecair putih . Sebelum ini saya pernah juga berlaku kejadian seperti ini . Tetapi saya membiarkan sahaja tanpa mengupasnya . Kemudian kulit kepala saya pulih seperti biasa . Tetapi setelah beberapa bulan , kejadian tersebut berlaku semula pada kulit kepala saya . Apakah tanda tanda tersebut ya doktor? Kemudian bagaimanakah cara untuk saya memulihkan kulit kepala saya seperti biasa tanpa membiarkan seperti sebelum ini . Tolong bagi penjelasan ya doc :) ohya sebelum terlupa , bolehkah saya menyapu kulit kepala saya yang berkerak & berdarah itu dengan minyak (minyak gamat) ?

    Halo selamat malam,

    Penyebab kulit kepala berkerak adalah salah satunya penyakit dermatitis seboroik. Kondisi ini dapat disebabkan oleh jamur, yang ditandai dengan :

    • Kulit kepala terasa bersisik dan gatal
    • Muncul ketombe
    • Kulit kepala kemerahan
    • Serpihan kulit kepala yang berwarna putih hingga kekuningan

    Kerak yang muncul, dapat menimbulkan luka bila digaruk sehingga akan memperparah kondisi kulit kepala. Pengobatan pada gangguan ini dapat berupa penggunaan shampo dan salep oles, namun jika cukup luas obat minum akan dianjurkan oleh dokter.

    Penyebab lain yang sering menjadi pemicu diantarnya stres, cuaca, penyakit kronis yang sedang diderita seperti diabetes, hingga masalah pada kulit kepala itu sendiri. Sebaiknya periksakan diri ke dokter jika kondisi ini telah berulang dan belum sembuh total, agar dokter dapat menentukan jenis penyakit yang Anda alami dan menentukan pengobatan yang sesuai. Sebaiknya tidak memberikan minyak ataupun cairan lain pada kepala yang berakibat semakin mengiritasi kulit kepala dan memunculkan luka baru.

    Baca juga gangguan ini yang mungkin menjadi penyebab Psoriasis.

    semoga bermanfaat,

    dr. Tantya