Tanya Dokter

  • Penyembuhan jari kaki seperti kapalan dan kulit pecah-pecah

  •  fb-lasmylasmy
    Anggota

    siang dok,

    saya punya keluhan sering  sekali ujung2 jadi kaki seperti kapalan dan akhirnya pecah2 (gatel dan berdarah)  itu kenapa ya dok?? kadang di jari tangan juga... dan sembuhnya lama... dulu di jari telunjuk pangkal sakit dari SMA kelas 1 smp kelas 3,,, baru bisa sembuh dan pulih... kayak kapalan gatel trus pecah2 berdarah,, begitu terus ber ulang2.. I

    mohon informasi lebih lanjut dok, trimakasih

    Halo Lasmy, Dari keluhan yang Anda rasakan, kemungkinan yang Anda alami adalah dermatitis kontak iritan. Kondisi ini disebabkan kontak dengan zat yang memiliki efek iritan pada kulit. Kontak zat iritan yang lama, berulang atau dalam jumlah banyak dapat menyebabkan munculnya lesi kulit berupa penebalan kulit yang disebut likenifikasi atau munculnya garis-garis luka pada kulit yang disebut fisura. Dermatitis kontak yang sudah kronis biasanya membutuhkan waktu penyembuhan yang lama. Biasanya diberikan antiradang oles dan yang terpenting adalah menghindari  kontak langsung dengan zat-zat yang dapat menyebabkan iritasi. Beberapa zat yang mungkin menyebabkan iritasi, antara lain sabun, detergen, cream make up, dll. Selain dermatitis kontak, beberapa kondisi yang mungkin menyebabkan keluhan serupa antara lain:

    • Dermatitis alergi
    • Infeksi virus
    • Infeksi bakteri
    • Dll
    Dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaab langsung pada lesi kukit Anda dan diberikan terapi yang sesuai keluhan. Semoga dapat membantu.

    fb-lasmylasmy  fb-lasmylasmy
    Anggota
    Terimakasih dok atas informasinya dok,, termasuk berbahaya apa tidak dok??

    Halo Lasmy, Dianjurkan agar Anda tetap memeriksakan diri kedokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Hal ini dikarenakan penyakit kulit hampir tidak dapat didiagnosis dengan pasti tanpa dilakukan pemeriksaan langsung terhadap lesi yang muncul. Begitu juga identifikasi keparahan penyakit tentu hanya dapat ditentukan dengan melihat gejala yang ditimbulkan secara langsung. Jika memang gejala yang Anda rasakan disebabkan dermatitis kontak, pada penanganan yang tidak adekuat dapat menyebabkan resiko timbulnya infeksi sekunder baik oleh virus, bakteri ataupun mikroorganisme lain yang dapat memperparah kondisi dan menyulitkan pengobatan.

    Beberapa hal yang dianjurkan untuk mencegah terjadinya dematitis kontak:

    Menghindari kontak dengan zat yang diduga kuat sebagai penyebab.

    Menjaga kebersihan kulit

    menggunakan pakaian pelindung atau sarung tangan

    Gunakan pelembab kulit

    Gantilah produk perawatan tubuh apabila produk tersebut menyebabkan alergi atau iritasi

    Informasi tambahan dapat Anda akses Dermatitis kontak.

    Terimakasih.