Tanya Dokter

  • Penyebab kulit kuning

  • dok saya usia 20th. belakangan ini baru sadar kalau kulit saya di sekitar telapak tangan kuning. sudah periksa katanya normal dan tidak ada penyakit (karena khawatir hepatitis). sudah coba lagi ke dua dokter yang berbeda, hasilnya sama. jadi kuning di kulit ini penyebabnya apa ya dok? apa saya tidak harus cek darah dsb? mohon jawabannya terimakasih.

    Halo, Kulit yang tampak kuning secara medis disebut jaundice. Hal ini terjadi jika terdapat terlalu banyak bilirubin di tubuh kita. Bilirubin adalah pigmen kuning yang muncul terbentuk saat sel darah yang sudah rusak masuk ke dalam hati. Dalam keadaan normal, bilirubin akan dibuang oleh hati bersamaan dengan sel darah yang sudah tua. Jaundice muncul ketika bilirubin tidak dibuang secara benar oleh hati. Hal ini bisa terjadi karena hati atau organ di sekitar hati yang mengalami kerusakan sehingga tidak bisa memproses dengan benar, atau jumlah sel darah yang masuk ke hati lebih banyak dari biasanya sehingga produksi bilirubin menjadi banyak. Hal yang dapat menimbulkan keadaan tersebut diantaranya:

    Pasien yang mengalami jaundice selain tampak dari kulit yang kuning tetapi juga disertai mata yang kuning. Jika hanya kulit saja yang tampak kuning kemungkinan hanya disebabkan oleh terlalu banyak beta-karoten dalam tubuh. Beta-karoten adalah antioxidan yang banyak terdapat pada sayur dan buah seperti wortel, labu, dan ubi. Terlalu banyak beta-karoten akan menyebabkan kulit berwarna kuning dan tidak menyebabkan jaundice. Bila Anda ragu, Anda dapat melakukan pemeriksaan darah yaitu pemeriksaan enzim hati (SGOT dan SGPT)  untuk melihat apakah hati Anda sehat serta pemeriksaan bilirubin darah untuk melihat apakah kadar bilirubin meningkat dan pemeriksaan urobilinogen pada urin. Jika semua hasil normal, kemungkinan besar gejala kulit yang kuning hanya disebabkan oleh beta-karoten dan tidak berbahaya. Pertimbangankan juga pemeriksaan USG perut untuk melihat apakah ada kelainan organ. Semoga membantu, terimakasih