Tanya Dokter

  • Kulit memutih, kaku, dan pecah-pecah setelah menggunakan sarung tangan

  •  anonymous
    Anggota

    Dok, sy ada keluhan kulit tgn stlh keluar panas d jalan sampai rmh lepas sarung tgn kog kulit tempurung tgn sampai pergelangan tgn memutih,kaku,pecah2 padahal sy pakai pelembab urea10%, sunblock spf50 bananaboat dan wkt malam di dioles obat refaquin..karna kulit tgn saya skrg berubah wrn kecoklatan. Brapa lama proses sembuh kembali normal putih kulit sy,dok? Trus apakah obat2 ini udah benar,dok? trima ksh sebelumnya..

    anonymous  dr. Rico N
    Dokter

    Halo, Melihat dari apa yang Anda sampaikan, tampaknya anda mengalami dermatitis kontak dapat berupa :

    • Dermatitis kontak alergik
    • Dermatitis kontak iritan
    Hal ini dapat terjadi karena beberapa kemungkinan :
    • Alergi terhadap sarung tangan
    • Alergi ataupun iritas akibat kandungan obat yang anda gunakan, terutama refaquin yang mengandung hidrokuinon (sejenis skin bleaching agent / pemutih kulit)
    Perlu saya sampaikan, bahwa oklusi, yakni penutupan area yang diberikan obat misal dengan plastik ataupun sarung tangan (atau kaus kaki di kaki) akan memberikan efek meningkatkan penetrasi / daya tembus obat, meningkatkan potensinya tetapi juga meningkatkan kemiungkinan terkena efek sampingnya. Saya sarankan anda untuk menghentikan dahulu penggunaan obat-obat tersebut, terutama refaquin dan sunblock (kita tidak tahu mana yang sesungguhnya menyebabkan dermatitis kontak). Untuk urea, pada dasarnya merupakan pelembab dan  biasanya lebih jarang menyebabkan dermatitis, akan tetapi untuk saat ini sebaiknya dihentikan juga untuk sementara sampai ada saran lebih lanjut dari dokter Anda. Kemudian, sebaiknya Anda mengunjungi dokter, khususnya spesialis Kulit untuk memeriksakan diri, sehingga dapat dipastikan jenis kelainan, obat apa saja yang harus dihentikan, dan obat yang saat ini harus diberikan untuk mengatasi kulit kaku dan pecah-pecah yang anda alami. Saya kira hal tersebut harus lebih diutamakan, jika telah sembuh, baru anda dapat mencoba untuk memutihkan kembali warna kulit tangan anda, tentunya dengan pegawasan dokter. Baca informasi lebih lanjut mengenai hidrokuinon dermatitis kontak demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

    anonymous  Gunawan Setiadi
    Anggota

    Yaa trims atas saran dokter Rico.N. klo kulit saya ini kena hawa panas seperti melepuh putih,kaku,pecah2 dan Tidak gatal sama sekali klo dibiarkan 10 menit di ruangan AC kembali kecoklatan dok.?