Tanya Dokter

  • Bercak merah pada payudara namun tidak gatal

  •  dizme
    Anggota
    Pagi dok. Jadi begini awal mula di kulit payudara saya ada bercak merah yang sering timbul tp tidak gatal. Akhirnya saya oles minyak zaitun. Setelah saya oles minyak zaitun bercak itu mulai hilang. Setelah hilang saya berhenti olesin zaitun. Tp akhir2 ini kulit di payudara jadi kering kasar gitu. Setiap saya tekan permukaannya, kulitnya mengkerut. Beda jika saya tekan bagian tubuh saya yang lain. Permukaan kulitnya jadi seperti bersisik. Nah itu apa gara-gara dulu saya selalu oles minyak zaitun apa karna sebab lain ya dok?

    Hai Dizme,

    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Memang sangat penting untuk mewaspadai adanya perubahan atau kejanggalan pada tubuh Kita. Apabila saat ini Kamu merasakan kulit pada payudara menjadi mengerut, seperti bersisik, sebelumnya terdapat ruam kulit berwarna kemerahan yang menghilang setelah dioleskan minyak zaitun, maka terdapat beberap kemungkinan yang terjadi, yaitu:

    • Dermatitis Kontak, yaitu peradangan pada kulit akibat kontak dengan zat tertentu, dapat berupa zat yang memicu reaksi alergi, atau zat yang memicu kerusakan lapisan kulit. Zat pemicu ini dapat berupa minyak zait
    • Alergi
    • Infeksi, dapat berupa infeksi jamur ataupun bakter
    • Tanda keganasan (kanker)

    Untuk memastikannya, sebaiknya Kamu konsultasi lebih lanjut ke Dokter ya, agar Dokter dapat melakukan anamnesis (tanya jawab Dokter-Pasien), pemeriksaan fisik, bila perlu pemeriksaan penunjang seperti tes alergi ataupun tes kerokan kulit. Jaga kebersihan kulit, hindarilah menggaruk ruam.

    Sekian semoga lekas membaik,

    dr. Annes