Tanya Dokter

  • Timbul kulit putih menebal dan terasa gatal

  •  suliani indra
    Anggota
    Hallo dok , saya mau bertanya.. Sudah beberapa tahun mata kaki saya gatal terus menebal dan kulitnya menjadi putih .. Semakin lama semakin melebar .. Sudah pernah saya ke dokter dan di beri resep obat tp tnpa penjelasan yg jelas tentang yg saya alami .. Setiap hari saya pake salep daktarin dok .. Udah mulai menipis tp sangat gatal dan kulitnya menjadi putih dan tebal .. Yg saya ingin tahu ini penyakit gatal apa dok trus kenapa kulit saya menjadi putih dan tebal melingkar .. Dan tidak sembuh* mskipun sudah d obati setiap hari .. Solusinya bagaimana dok ..

    Halo Suliani, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

    Timbulnya kulit putih dan menebal dan disertai rasa gatal dapat dipikirkan beberapa penyebab. Berikut beberapa hal yang dapat dipertimbangkan menjadi penyebab kondisi Anda saat ini adalah sebagai berikut: 

    1. Adanya infeksi jamur. Pada bagian yang sering tertutup, maka perkembangan jamur dapat sangat pesat. Penggunaan sepatu atau kaos kaki yang terlalu lama menutup setiap harinya menjadi resiko terjadinya infeksi jamur. 
    2. Adanya kondisi dermatitis kontak. Adanya gesekan atau tekanan pada bagian tertentu dengan bahan sepatu atau ujung celana pada bagian tersebut dapat menyebabkan iritasi yang berulang sehingga terjadi penebalan dan timbul rasa gatal. 
    3. Adanya kondisi neurodermatitis. Peradangan pada kulit ini disebabkan karena utamanya adanya stres atau tekanan psikologis tertentu. Dengan garukan yang terus menerus dapat menyebabkan terjadi penebalan dan rasa gatal akan terus ada. 
    4. Callus atau dikenal sebagai kapalan. Pada kondisi ini terjadi penebalan kulit karena sebagai kompensasi tubuh untuk melindungi bagain tersebut terutama terjadi gesekan yang berulang. Namun kondisi ini umumnya terjadi rasa nyeri dan rasa tidak nyaman. 
    5. Skeloderma. Kondisi ini juga terjadi penebalan kulit pada bagian tubuh tertentu. Namun, umumnya terjadi pada beberapa titik. Kondisi ini merupakan kondisi autoimun yaitu dimana tubuh mengenai sel tubuh sendiri sebagai zat asing dalam tubuh. Kondisi ini perlu dilakukan pemeriksaan detail untuk mengetahuinya. 
    6. Kondisi kulit kering. Terlalu lama di ruang berAC dan kurangnya asupan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan kondisi ini. 

    Pada kasus Anda dimana sudah melakukan pemeriksaan ke dokter sebelumnya namun kondisi Anda tidak membaik. Disarankan untuk Anda untuk melakukan kembali pemeriksaan ke dokter. Jika suatu kondisi penyakit sudah diobati namun tidak ada perbaikan bahkan membruk maka dipikirkan adanya kondis medis lainnya. Pemeriksaan yang detail umumnya membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan perlu kunjungan dokter berulang kali. Dengan demikian dapat dilakukan penanganan yang sesuai demi mencegah timbulnya komplikasi di kemudian hari. 

     

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

     

    Salam, dr. Tiwi