Tanya Dokter

  • Kulit seperti bekas luka bakar

  •  anonim1502
    Anggota

    dok, kulit saya seperti bekas terbakar tetapi bukan terbakar yang sampai berair. pada awalnya hanya terdapat satu di lengan bagian dalam dan tidak gatal, lalu muncul di bagian tubuh yang lain seperti paha, bahu, punggung, perut leher dan dada tetapi beberapa terasa gatal. bentuknya seperti bekas gigitan nyamuk, bagian atasnya berwarna coklat dan beberapa buah dibagian tepinya terlihat kulit ari dan sepertinya lebih lebar dari ukuran awal. jika di sentuh terasa licin dan kulit tersebut terasa masuk kedalam dan tidak berair. kira2 penyebabnya apa dok? apakah berbahaya? bisakah menular ke orang lain?

    anonim1502  anonim1502
    Anggota

     

    kira-kira bentuknya begini dok, di bagian2 tepinya ada kulit ari..

    Kelainan yang Anda alami dapat disebabkan beberapa kondisi, diantara nya adalah

    Pytiriasis Rosea 

    Pityriasis rosea merupakan kondisi yang tidak menular, namun hingga saat ini belum ditemukan penyebab pasti nya. Penderita dapat melalui tiga tahapan pityriasis rosea sebelum akhirnya muncul ruam di kulit. Pada tahap awal biaanya diawali satu ruam yang muncul yang disebut sebagau herald patch  yang berbentuk oval dan berwarna merah muda. Selanjutnya, noda merah berbentuk oval yang menyerupai tambalan muncul di area tersembunyi, seperti ketiak dan area-area lain, misalnya pada perut. Pada akhir minggu kedua, bercak merah dapat menyebar hingga ke dada, punggung, dan leher, membentuk pola yang menyerupai pohon pinus. Gatal dapat muncul pada masa-masa ini dan akhirnya mereda setelah ruam muncul di kulit  selama 2-6 minggu. Periode pityriasis rosea dapat berlangsung hingga 12 minggu sampai 5 bulan, menyisakan area kulit yang terkena penyakit ini menjadi lebih gelap dibandingkan area sekitarnya dan akan kembali normal setelah beberapa waktu.

    Dermatitis Numularis

    Dermatitis numularis merupakan suatu penyakit pada kulit yang ditandai dengan nyeri atau pedih pada bagian kulit. Daerah kulit yang terasa nyeri ini seringkali berbentuk koin atau oval yang muncul setelah terjadi kerusakan pada permukaan kulit, misalnya karena luka bakar, gesekan atau gigitan serangga. 

    Eksentema Viral

    Ruam-ruam inspesifik pada kulit akibat infeksi virus tertentu.

    Untuk memastikan, sebaiknya konsultasikan ke dokter ahli kulit (dermatologist) agar dapat dilakukan rangkaian pemeriksaan. Sebagian besar kasus kelainan diatas bersifat self limiting, namun krimsa steroid biasanya dapat mengurangi gejala. Krim pencegah kulit kering atau krim emolien, dapat digunakan sebagai pengganti sabun dan mudah diperoleh di apotek. 

    Sekian, semoga bermanfaat

     

    Dr. Siti Rahmayanti