Tanya Dokter

  • Mengatasi komedo dengan pasta gigi

  •  Putri Rsydh
    Anggota
    Dok, saya kan 2 hari yang lalu menggunakan odol sikat gigi untuk menghilangkan komedo di hidung & dibawah hidung. Nah karena kelamaan, kulit saya jadi memerah,seperti melepuh di hidung & bawah hidung. Cara mengatasi nya supaya bisa terkelupas / cepat hilang gimana dok?
    Putri Rsydh  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Putri,

    Penggunaan odol untuk menghilangkan jerawat merupakan salah satu mitos yang berkembang di masyarakat, tetapi nyatanya odol memiliki kandungan bahan kimia yang berfungsi untuk membersihkan gigi dan beberapa kandungnya dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

    Odol dapat membuat kulit menjadi iritasi yang ditandai dengan kulit memerah, kulit pecah-pecah atau mengelupas dan juga menimbulkan rasa perih. Jika hal itu terjadi segera bersihkan kulit yang terkena odol dengan air bersih dan mengalir, kompres dingin pada bagina yang teriritasi, dan periksakan diri pada dokter terutama jika iritasi meluas dan menimbulkan rasa nyeri. Dokter nantinya akan melakukan pemeriksaan dan memberikan pengobatan seperti misalnya pemberian krim untuk mengatasi iritasi.

    Untuk mengatasi komedo dapat digunakan banyak cara lain yang aman seperti misalnya:

    • Mencuci muka secara rutin 2 kali sehari dengan sabun khusus wajah yang ringan
    • Hindari menggunakan makeup berlebih dan bersihkan setelah selesai
    • Hindari memencet dan memecahkan jerawat atau komedo
    • Upayakan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh wajah
    • Jika menggunakan produk pembersih wajah pilih yang tidak mengandung minyak
    • Mencuci rambut secara rutin karena rambut yang berminyak dapat memengaruhi kondisi kulit wajah.

    Jika tetap sulit dan komedo bertambah banyak, periksakan diri pada dokter atau dokter kulit agar dilakukan pemeriksaan dan diberikan penanganan untuk mengatasi komedo mulai dari penggunaan obat ataupun tindakan untuk mengatasi komedo seperti teknik mikrodermabrasi atau terapi laser.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.