Tanya Dokter

  • kenapa kulit sering gatal, iritasi dan meninggalkan bekas?

  • sore dok, saya sandra 19tahun

    sejak kecil kulit saya sering gatal seperti digigit nyamuk,tapi bukan digigit nyamuk dan setiap ada gatal(seperti digigit nyamuk) hilang,selalu muncul yg baru

    kadang sampai iritasi dan meninggalkan bekas kecoklatan

    kenapa ya dok?karena makanan atau produk sabun/lotion yg saya gunakan salah?

    terimakasih

    Hai,   Penyebab gatal sangat bervariasi dan beragam, sehingga untuk menghilangkan gejala gatal yang menganggu perlu dicari penyebab rasa gatal yang menyebabkan keluhan Anda dengan melakukan pemeriksaan fisik ke dokter. Bekas kecoklatan pasca penyembuhan gatal bisa diakibatkan karena hiperpigmentasi pasca inflamasi (peradangan) karena perlakuan berlebih (menggaruk) pada daerah yang gatal. Sehingga untuk mengurangi bekas maka sangat disarankan untuk tidak menggaruk daerah yang terasa gatal tersebut. Penyebab rasa gatal bisa dikarenakan :

    • Kondisi kulit Anda yang kering. Kulit kering menyebabkan rasa gatal karena pada kulit kering lapisan barrier pelindung kulit tidak ada sehingga sangat mudah teriritasi oleh benda asing dari luar dan menimbulkan gatal.
    • Penyakit kulit
    Penyakit kulit tertentu juga bisa menimbulkan rasa gatal seperti :
    1. Panu
    2. Kurap
    3. Kudis
    4. Psoriasis
    5. Prurigo
    6. Dermatitis, dll
    • Penyakit sistemik seperti diabetes, gangguan ginjal dan gangguan tiroid juga bisa menimbulkan rasa gatal akibat sekret keringat/toksin yang mengkristal di kulit dan mengiritasi serta menimbulkan gatal.
    • Alergi
    • Pengaruh / efek samping obat
    • Infeksi virus
    • Gangguan kecemasan
    • Menopause, dll
    Untuk mencari yang mana penyebab dari keluhan Anda maka pemeriksaan fisik akan kelainan kulit Anda akan diperlukan. Dokter akan memeriksa dengan seksama kondisi kelainan kulit Anda dan melakukan pemeriksaan lain jika perlu seperti tes darah, tes kerokan kulit, tes alergi dll. Penanganan akan disesuaikan dengan penyebab dari keluhan Anda sehingga keluhan Anda bisa menghilang secara berangsur angsur. Untuk masalah bekas kecoklatan biasanya bekas tersebut akan menghilang dengan sendirinya dalam rentang waktu bulan hingga tahunan tergantung dari seberapa salam iritasi yang terjadi ( mengikutsertakan dermis atau hanya lapisan epidermis saja). Semakin dalam iritasi yang terjadi maka semakin lama bercak tersebut akan menghilang. Beberapa penggunaan krim pemutih yang aman dianggap bisa mempercepat hilangnya berkas kecoklatan ini. Untuk mengurangi rasa gatal sekaligus mengurangi bekas kecoklatan, maka beberapa langkah dibawah ini bisa Anda coba yaitu :
    1. Kompres dingin bagian yang gatal.
    2. jangan menggaruk bagian yang gatal, usap/ gosok ringan saja.
    3. Mandi dengan sabun antibakteri yang bisa mengurangi rasa gatal.
    4. Berikan lotion calamin pada daerah gatal.
    5. Minum obat pereda gatal yang aman seperti CTM dan difenhidramin.
    6. Mencegah kontak dengan alergen Anda.
    7. Memberikan lotion pelembab pada kulit kering Anda. Gunakan lotion yang hipoalergenik dan teruji klinis.
    8. Mengendalikan penyakit sistemik yang Anda derita (jika ada)
    Baca artikel mengenai Potensi penyakit di balik rasa gatal di SINI. Baca artikel terkait seperti : Merawat kulit tubuh Anda Memilih sabun sesuai jenis kulit Pelembab untuk kulit tropis   Semoga membantu.   dr. Yusi