Tanya Dokter

  • Kulit tangan tiba-tiba kasar

  • Dok, sore tadi kulit bagian tangan tiba-tiba kasar seperti merinding dan gatal. Kenapa ya dok kira-kira? Apa aku butuh ke dokter untuk konsultasi lebih lanjut?

    Hai Novi,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Kulit tangan yang terasa kasar dan gatal bisa terjadi secara tiba-tiba, misalnya saat kulit Anda terpapar suhu dingin berlebihan. Keluhan ini bisa terasa lebih hebat khususnya jika Anda memang memiliki riwayat hipersensitifitas (alergi) terhadap dingin. 

    Di samping itu, kasar dan gatal pada tangan bisa juga diakibatkan oleh:

    Sulit membedakan mana persisnya yang memicu keluhan Anda tanpa dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Karenanya, cobalah memeriksakan diri secara langsung ke dokter ya.. Jika benar hanya disebabkan oleh paparan dingin berlebihan, umumnya keluhan ini akan membaik dengan sendirinya setelah paparan dinginnya dihilangkan.

    Sebagai langkah awal, sebaiknya Anda hindari menggaruk berlebihan kulit yang gatal. Lindungi kulit Anda dari paparan zat yang memicu alergi atau iritasi, misalnya suhu ekstrim, detergen, bulu hewan, tungau debu, dan sebagainya. Rajin mandi 2x sehari dan biasakan cuci tangan. Untuk mengurangi gatal, Anda bisa taburkan bedak salycil atau oleskan lotion calamine di kulit yang gatal.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah