Tanya Dokter

  • Kulit wajah mengelupas setelah penggunaan krim dokter

  •  Dhane
    Anggota
    Sudah 1 minggu setelah saya pake obat-obatan dari dokter spesialis kulit karna jerawat saya. Nah, setelah 1 minggu pemakaian ini, kulit wajah saya kering dan mengelupas gitu dok..

    Halo, terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Penggunaan krim wajah yang menyebabkan kulit mengelupas kemungkinan bisa disebabkan oleh 2 hal yaitu kulit yang teriritasi atau karena efek obat yang memang bertujuan untuk mengelupas kulit agar jaringan kulit yang baru dan sehat  dapat tumbuh.

    Sebagai contoh krim yang mengandung asam salisilat dapat digunakan untuk kulit berjerawat. Obat ini merupakan golongan keratolitik. Obat ini dapat meningkatkan kelembaban kulit dan melarutkan unsur yang mengakibatkan sel kulit saling menempel. Hal ini akan mempermudah proses pengelupasan kulit. Efek samping penggunaan asam salisilat antara lain iritasi, kulit kering, nyeri, kulit terasa panas dan memerah kemudian mengelupas, atau gatal-gatal.

    Tentunya untuk mengetahui kandungan krim yang Anda gunakan, Anda bisa menanyakannya kepada dokter. Anda juga bisa berkonsultasi kembali untuk mengetahui gejala yang Anda alami, apakah memang efek terapeutik obat atau efek samping yang menyebabkan kulit teriritasi .

    Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.