Tanya Dokter

  • Penyebab kulit wajah mengelupas

  •  zilong
    Anggota
    Assalamualaikum dok. Saya yafi usia 19thn, saya memiliki masalah pd wajah saya dok. Kulit wajah saya memerah dan mengelupas disertai rasa gatal. Saya pikir cara menghilangkannya pakai garnier acno fight trnyata masih tetap gk ada perubahan malah jerawat saya yg gk tumbuh lagi dok. Saya risih dok lihat wajah saya yg memerah dan mngelupas, apa sementara muka saya gk pakai sabun aja klu mandi dok ?

    Halo,

    Ada banyak keadaan yang dapat menyebabkan kulit wajah merah dan mengelupas, misalnya paparan sinar matahari yang terlalu terik. Beberapa jam setelah terbakar sinar matahari, kulit wajah akan memerah, terasa panas dan nyeri ketika disentuh. Merah dan mengelupas karena terbakar sinar matahari akan sembuh sendiri dalam beberapa hari.

    Kemungkinan lain penyebab kulit mengelupas dan berwarna kemerahan adalah pemakaian obat atau kosmetik tertentu, misalnya krim untuk mengobati jerawat dan krim pencerah kulit wajah. Cara kerja krim tersebut adalah dengan mengangkat lapisan kulit mati sehingga kulit wajah akan mengelupas.

    Kelainan kulit seperti dermatitis atopik (eksim) juga dapat menyebabkan pengelupasan kulit wajah dan kemerahan. Kecenderungan menderita eksim dapat dikaitkan dengan faktor keturunan, memiliki jenis kulit kering dan faktor cuaca.

    Dengan demikian, untuk mengatasi kulit mengelupas tersebut, perlu dicari tahu penyebabnya. Jika Anda sedang menggunakan obat pada wajah tanpa konsultasi dengan dokter sebelumnya sebaiknya dihentikan terlebih dahulu dan kunjungi dokter spesialis kulit untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai. Contoh pengoabatan pada kulit mengelupas akibat alergi zat tertentu adalah dengan obat antihistamin, kulit mengelupas akibat eksim akan membaik dengan krim steroid.

    Berikut anjuran kami;

    • minum banyak air putih
    • mengompres wajah dengan air dingin
    • menggunakan pelembap ringan sehabis mandi

    Penyebab kulit wajah mengelupas

    Semoga membantu,

    dr.Mira