Tanya Dokter

  • Telinga terasa berdenging dan nyeri

  •  arif sams
    Anggota

    sore dok, nama saya arif usia 31 tahun,seminggu yang lalu kuping saya terasa sakit nyeri, dan ketika menguap atau meggerakan mulut terasa sakit, akhir nya saya coba periksa kedokter, kata dokter hanya ada peradangan ditelinga, dikasih obat tetes dan obat pil, setelah beberapa hari nyeri nya hilang,saya rutin 3x sehari kasih obat tetes, tapi lama-lama kuping terasa berdenging dan terasa seperti budeg.itu kenapa ya dok, apa karna obat tetes atau karna ada kotoran ya dok? mohon penjelasan nya dan tindakan yg harus saya lakukan..

    Halo arif........

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang terkait telinga Anda, kemungkinan mengarah ke yang dalam bahasa medis disebut sebagai tinitus, yaitu timbulnya suara suara yang tidak normal di mana berasal dari dalam telinga, dan terdengar seperti berdengung, berdenging, Siulan, atau suara bising mesin.

    Salah satu penyebab timbulnya tinnitus memang karena banyaknya kotoran telinga, dimana jika memang disebabkan penumpukan kotoran telinga, selain Tinitus, gejala yang biasanya menyertai adalah kehilangan pendengaran ataupun iritasi gendang telinga.

    Selain oleh karena hal yang telah disebutkan diatas, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh : efek samping penggunaan obat - obatan tertentu yang menimbulkan hal ini, kekurangan zat besi, infeksi pada telinga, gangguan kecemasan atau stres, adanya tumor di kepala atau leher, tekanan darah tinggi, dan lain sebagainya.

    Jika sampai saat ini tinitus yang Anda alami masih saja terjadi, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit THT ( telinga - hidung -tenggorokan ), dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, otoskopi, endoskopi THT, tes pendengaran, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    TINNITUS

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati