Tanya Dokter

  • Berat badan tidak mengalami peningkatan pada usia kehamilan 29 minggu

  • Malem dok,, UK saya 29 minggu tpi kenapa berat badan saya 2 bulan ini tidak bisa naik iia?? Padahal saya sudah minum susu tiap hari, sering makan buah2 an+es cream.. Tpi kenapa BB saya tidak bisa naik,, mohon saran nya dok.. Makasi

    Hai, Tergantung indeks massa tubuh Anda sebelum hamil, terdapat rekomendasi (anjuran) untuk penambahan berat badan selama kehamilan. Indeks massa tubuh adalah nilai berat badan Anda (dalam kg) dibagi tinggi Anda (dalam meter) kuadrat. Misalkan berat sebelum hamil Anda 45 kg, lalu tinggi Anda adalah 155 cm. Maka indeks massa tubuh Anda adalah: 45 kg dibagi (1,55 dikali 1,55) = 45 dibagi 2.4 = 18,75 Angka 18,75 ini adalah indeks massa tubuh (IMT) Anda, dan tergolong normal. Untuk ibu dengan IMT normal, rekomendasi penambahan berat badan selama hamil adalah 11 - 16 kg, dengan penambahan berat sekitar 0,5 kg setiap minggu pada usia kehamilan 15 - 37 minggu. Bila berat Anda memang sudah mencukupi, tentunya memang akan sulit untuk ditingkatkan lagi berat badannya. Namun, apabila berat Anda belum mencukupi, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan tim Dokter Spesialis Kandungan dan Ahli Gizi untuk menunjang nutrisi dan mencari tahu penyebab tidak naiknya berat Anda. Berikut adalah kemungkinan berat Anda tidak naik:

    Untuk lebih jelasnya memastikan ada/tidaknya penyakit-penyakit di atas, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter. Mungkin diperlukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan darah dan USG kehamilan. Berikut tips untuk Anda:
    • Makanan padat seperti nasi, bernilai gizi jauh lebih tinggi daripada makanan setengah padat (mis. es krim) maupun cair (mis. susu)
    • Minum susu yang terlalu sering justru menyebabkan kembung dan mengurangi nafsu makan Anda untuk mengonsumsi makanan padat
    • Makanan tinggi lemak cenderung mengenyangkan dan bisa mengurangi frekuensi makan Anda dalam sehari (mis. semestinya bisa 5x sehari, tapi menjadi 3x sehari)
    • Perbanyak frekuensi makan Anda dengan makanan padat berkarbohidrat dan mudah dicerna, terutama nasi putih, kacang-kacangan (pastikan Anda tidak mengidap diabetes melalui pemeriksaan Dokter!!)
    Artikel berikut membahas tentang menambah berat menjadi ideal. Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma