Tanya Dokter

  • Kuretase bagi korban pemerkosaan

  •  Daakoo Ko
    Anggota
    siang dok.. mengapa kuretase bagi korban pemerkosaan di bolehkan? bagaimana metodenya? dan bagaimana calon pasien bertanya apakah bisa kuretase atau tdk? atau ia harus menceritakan hal yg ia alami. terimakasi dok

    Halo. Kuretase pada kehamilan adalah tindakan pengeluaran isi rahim hasil konsepsi berdasarkan indikasi medis. Jadi harus memiliki sebab dilakukan kuretase seperti adanya keguguran, hamil anggur atau mola hidatidosa, atau adanya blighted ovum. Tindakan ini disebut juga dengan terminasi kehamilan. Terminasi kehamilan ini perlu diperhatikan dan harus ada alasan medis. 

    Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 61 Tahun 2014 tentang Kesehatan tindakan terminasi kehamilan boleh dilakukan dengan alasan darurat medis. PP soal kesehatan reproduksi dibentuk berdasarkan turunan dari Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatòan. Pengguguran dilakukan dengan ketentuan bahwa ada indikasi medis dan dilakukan oleh tim kelayakan aborsi. Selain itu, harus ada bukti dari ahli mengenai indikasi pemerkosaan, selain harus dengan persetujuan dari perempuan tersebut. Jadi harus ada bukti dan surat resmi.keterangan kepolisian yang menyatakan bahwa memang korban pemerkosaan. Sementara dari dokter harus melakukan pemeriksaan apakah kehamilan tersebut memiliki indikasi untuk dilakukan terminasi. 

    Semoga bermanfaat

    dr. Eni Yulvia s