Tanya Dokter

  • Gejala penyakit kusta

  • Dok saya mau tanya kira-kira penyakit kusta ini dapat mengalami edema pada kaki dan juga mata kuning ?

    Halo Vyan, terima kasih untuk pertanyaannya.

    Sebagai informasi, kusta atau lepra merupakan penyakit yang menyerang kulit, sistem saraf perifer, selaput lendir saluran pernapasan atas, dan juga mata. Seiring berjalannya waktu (sebelum maupun sesudah memulai pengobatan), pada penderita kusta dapat timbul suatu episode penyakit yang dinamakan reaksi kusta. Reaksi ini terjadi pada 30-50% pasien dan timbul karena respon imun (kekebalan tubuh) terhadap penyakit ini. Terdapat dua tipe reaksi kusta, salah satunya dapat dijumpai adanya pembengkakan pada kaki (pada tipe I). Beberapa gejala reaksi kusta tipe I, yakni:

    • Lesi kulit menjadi merah dan bengkak, serta dapat timbul indurasi 
    • Kelemahan dan deformitas
    • Bengkak pada tangan atau kaki, kadang disertai nyeri sendi
    • Luka pada kulit
    • Nyeri pada satu atau lebih saraf
    • Kehilangan fungsi persarafan dengan kelemahan otot atau hilang kemampuan perabaan

     

    Sedangkan mata kuning/sklera ikterik dapat disebabkan oleh peningkatan kadar bilirubin di dalam darah. Peningkatan kadar bilirubin ini dapat disebabkan oleh adanya gangguan fungsi hati, salah satunya hepatitis (radang pada hati). Obat-obatan yang diberikan untuk pengobatan kusta (seperti rifampisin atau dapsone) dapat memicu terjadinya hepatitis sehingga timbul gejala tersebut. Namun, untuk memastikannya diperlukan evaluasi lebih lanjut. Anda dapat membaca penyebab lain kaki bengkak dan mata kuning di artikel ini.

    Apabila Anda mengalami kedua gejala diatas, disarankan untuk berkonsultasi kembali dengan dokter yang merawat Anda. Dokter akan melakukan tanya jawab, pemeriksaan fisik, dan penunjang (tes darah, tes fungsi hati, ultrasound, dsb) jika diperlukan. Dokter akan mengevaluasi apakah gejala tersebut berkaitan dengan kusta yang diderita/tidak dan kemudian akan memberikan terapi yang sesuai.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Sonia L