Tanya Dokter

  • Cara penularan penyakit kusta

  • Selamat siang dok, Calon suami saya (24 th) terkena penyakit kusta dan sedang dalam masa pengobatan, Sudah sekitar 6 bulan masa pengobatan. Bdan suami saya jd hitam, apakah itu efek dari obatnya? Selama masa pengobatan itu, kami sempat berciuman. Apakah sy ada kemungkinan bisa tertular dok? Dan bagaimana jika kami menikah,apakah setelah masa pengobatan selesai calon suami sy bisa sembuh total? Dan bagaimana jika nantinya kami berhubungan biologis? Apakah masih ada kemungkinan sy tertular? Apa keturunan kamipun ada kemungkinan terkena kusta jika pengobatan calon suami sy sudah selesai dan dikatakan sembuh?. Terimakasih. Mohon jawabannya.

    Halo,

    Terima kasih atas pertanyaannya. Kusta, dikenal juga dengan lepra atau penyakit Hansen, adalah penyakit yang menyerang beberapa oragn tubuh yaitu kulit, sistem saraf perifer, selaput lendir pada saluran pernapasan atas, dan mata. Indonesia masih merupakan salah satu daerah endemik kusta menurut WHO. Kusta disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae yang membutuhkan waktu 6 bulan hingga 40 tahun untuk berkembang di dalam tubuh. Bakteri ditularkan melalui cipratan batuk atau cipratan bersin penderita yang menyebar ke udara. Jika Anda pernah berciuman dengan penderita,maka kemungkinan penularan tetap ada. Beberapa faktor berikut meningkatkan resiko seseorang terkena kusta:

    • adanya kontak fisik dengan hewan penyebar kusta tanpa sarung tangan misalnya armadilo dan simpanse Afrika
    • adanya kontak fisik rutin dengan penderita kusta
    • bertempat tinggal di daerah endemis kusta
    • adanya gangguan kekebalan tubuh karena cacat genetik

    Penularan penyakit ini bukan dengan hubungan seksual tetapi penularan dapat terjadi karena kontak fisik ketika berhubungan badan. Penyakit ini juga tidak diturunkan ke anak Anda kecuali adanya kontak penderita dengan anak Anda nantinya. Penderita kusta akan diobati dengan antibiotik selama 6 bulan sampai dengan 2 tahun, tergantung pada jenis kusta. Prosedur operasi juga dilakukan untuk beberapa kasus tertentu. Kusta dapat diobati sampai sembuh. Salah satu efek samping obat kusta memang adalah warna kulit yang menjadi lebih gelap.

    Semoga informasi ini berguna.

    Dr. Aloisia