Tanya Dokter

  • muncul seperti kutil di telapak kaki sebelah kiri

  • Malam dok, saya mau tanya ditelapak kaki saya sebelah kiri ada semacam kaya kutil gituh awalnya kecil terus dia lama " melebar terus juga merembet, saya sudah obati pakai callusol tapi sekarang saya hentikan pemakaiannya dikarenakan saya sedang hamil dok. Kira " selain callusol ada obat lain gak yg bisa dipakai selagi masa hamil?
    Irma Dwi Juliani  dr. Prasetyo
    Dokter

    Halo Irma, terimakasih sudah bertanya di Alodokter.com

    Kutil merupakan suatu kondisi dimana terjadi penebalan pada daerah kulit akibat proliferasi kulit yang berlebih dan mengeras, kondisi kutil terdiri dari beberapa macam, salah satunya adalah kutil pada telapak kaki (plantar warts).  Sebelumnya Anda perlu memastikan bahwa yang Anda alami merupakan. Berikut beberapa kemungkinan penyebab lain yang dapat menimbulkan keluhan serupa, diantaranya :

    • kallus (penebalan kulit, umumnya akibat luka berulang seperti pada penggunaan sepatu hak terlalu lama)
    • klavus (mata ikan)
    • kutil
    • dan masih banyak lagi

     (gambar plantar warts)

    Kutil umumnya disebabkan oleh infeksi virus HPV yang menempel pada lapisan atas kulit dan menginfeksi ketika terdapat luka pada kulit. Kutil pada penampaknnya umumnya bertangkai dan dapat menghilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun. Namun bila kondisi tidak kunjung membaik, kami sarankan Anda untuk menemui dokter atau dokter spesialis kulit untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut, terlebih mengingat kondisi Anda sedang hamil, tidak semua obat aman digunakan pada kondisi hamil. Kami tidak menyarankan menggunakan obat tanpa adanya resep atau saran dari dokter yang merawat Anda. Namun bila jenis obat yang digunakan merupakan jenis obat yang dijual bebas (dengan laber lingkaran berwarna hijau) umumnya aman digunakan. Perlu Anda ketahui bahwa kutil dapat menular dari satu lokasi atau orang ke lokasi atau orang lainnya. Jadi hindari menyentuk tubuh Anda dengan menggunakan jari yang sudah menyentuh kutil. Untuk informasi lebih lanjut dapat membaca artikel berikut : Kutil. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, dr Prasetyo