Tanya Dokter

  • Penanganan kutil di daerah alat vital

  •  tessar
    Anggota
    selamat siang dok, saya tessar(21), bberapa bulan yg lalu di alat vital saya ada kutil, apakah kutil ini berbahaya? bagaimana penanganannya? apakah akang hilang dengan sendirinya?

    Selamat sore Tessar

    Kutil di daerah kelamin merupakan salah satu infeksi menular seksual yang sering kita jumpai. Kutil kelamin (condyloma acuminata) disebabkan oleh virus HPV yang sangat mudah ditularkan ke orang lain melalui hubungan seksual. Penyakit ini tidak membahayakan jiwa namun dapat menimbulkan stres dan sangat mudah ditularkan ke partner seksual.

    Kutil kelamin dapat dijumpai di vagina, penis, anus, lipat paha, dalam lubang kencing dan skrotum. Benjolan ini bisa saja tidak terlihat karena ukurannya bervariasi, bisa sangat kecil hingga berukuran lebih besar berwarna kemerahan atau abu-abu. Kutil tidak jarang menyebabkan rasa sakit, terkadang membuat tidak nyaman dan gatal. Diagnosis kutil kelamin dapat dibuat melalui pengamatan langsung oleh dokter spesialis kulit dan kelamin. Kutil bisa saja mengalami perbaikan dengan sendirinya, namun untuk mendapatkan hasil yang optimal sebaiknya diberikan pengobatan. Pengobatan dapat berupa pemberian obat topikal maupun operasi ablasi. Kunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pengobatan yang sesuai.

    Berikut anjuran kami:

    • hindari hubungan intim berisiko
    • menggunakan kondom saat berhubungan intim
    • ikuti pengobatan hingga tuntas

    Semoga membantu,

    dr.Mira