Tanya Dokter

  • Kutil di kelamin yang gatal dan sakit

  •  Dewi Kecil
    Anggota

    Selamat sore dok, saya mau tanya. Saya punya teman perempuan, beliau sudah menikah sekitar 1 thn yg lalu. Beliau mempunyai keluhan tumbuh kutil dibagian vagina, rasanya gatal dan sedikit sakit. Kira-kira bagaimana cara mudah untuk mengatasinya dok? Mohon penjelasannya.

    Dewi Kecil  Dr. Liyadi
    Anggota

    Hi Berikut adalah laman yang membahas pengobatan kutil: Pengobatan kutil kelamin Tersedia obat oles untuk kutil kelamin. Jika tidak bekerja dengan cukup efektif, kutil bisa diangkat. Dr Liyadi  

    Hai,   Kutil di kelamin merupakan gejala infeksi menular seksual yang disebabkan HPV. Namun untuk pemastian diagnosa maka sebaiknya Anda menyarankan teman Anda untuk berkonsultasi langsung ke dokter dan melakukan pemeriksaan fisik agar keluhan bisa ditangani secepatnya. Kutil kelamin ini bisa tumbuh satu atau berkelompok pada area organ kelamin Anda akibat kontak langsung antara kulit dengan kulit seseorang yang terinfeksi HPV. Pada wanita kutil dapat tumbuh di vagina, dinding dalam vagina, anus, perineum, leher rahim dll. Sementara pada pria kutil bisa tumbuh pada penis, batang penis, buah zakar, anus dll. Gejala yang pasti adalah timbulnya benjolan / bintik coklat atau keabu abuan pada daerah organ intim Anda yang kadang terasa gatal dan tidak nyaman paska berhubungan intim dengan seseorang yang terinfeksi HPV. Penanganan HPV bisa melalui 2 cara yaitu dengan pemberian obat topikal atau dengan metode eksisi ( operasi ). Obat topikal yang bisa diberikan untuk mengatasi kutil kelamin adalah :

    1. Asam trikloroasetat
    2. Phillodotoxin
    3. Imiquimod
    Penggunaan obat topikal harus sesuai saran dokter agar tidak timbul efek samping dari penggunaan obat topikal ini. Jadi tanyakan dengan jelas bagaimana cara, lama dan dosis penggunaan cream topikal ini. Sementara tindakan operasi ( ablasi kutil ) bisa dilakukan dengan metode :
    1. Eksisi dengan pisau bedah.
    2. Cryotherapy
    3. Bedah laser
    4. Dll
    Tindakan metode ablasi ini harus dilakukan oleh tenaga ahli ( dokter ) di klinik / RS dengan peralatan yang steril untuk mencegah penularan ke org lain. Pencegahan yang bisa dilakukan adalah :
    1. Jangan menyentuh kutil
    2. Jika tersentuh segera cuci tangan dengan sabun/ cairan antiseptik.
    3. Jangan berhubungan seks saat kutil sedang aktif
    4. Obati juga pasangan
    5. Gunakan kondom.
    6. Berpantang seks bebas.
    Teman Anda juga sebaiknya mengobati suaminya agar tidak terjadi infeksi pingpong( berulang). Dengan pengobatan memang kutil akan menghilang, namun akan ada kemungkinan untuk kambuh kembali karena virus masih tetap dorman dalam tubuh. Jarak kekambuhan bervariasi pada setiap individu tergantung dari sistem kekebalan tubuh masing masing.   Baca artikel Kutil kelamin di SINI.   Semoga membantu.   Dr. Yusi