Tanya Dokter

  • Solusi atasi bau pada vagina penderita kutil kelamin

  • Terimakasih atas infonya dok. Saya mau tanya lagi kalau keadaan sudah ada kembang kolnya boleh saya pakai rebusan sirih untuk menghilangkan baunya ? Karna baunya sudah mengganggu saya. Dan saya sejarang menggunakan abotil untuk membersikan daerah miss v. Apa ini bisa jadi ke kanker ya dok ?

    Hai Nur, 

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Pertanyaan Anda mengenai kutil kelamin berikut penanganan yang dapat dilakukan selama hamil telah dijelaskan oleh tim dokter kami sebelumnya.

    Selain menyebabkan benjolan di kelamin, kutil kelamin bisa juga menyebabkan penderita merasakan sensasi tidak nyaman di kelamin, misalnya nyeri, gatal, atau juga bau tidak sedap.

    Penggunaan air rebusan daun sirih hingga kini belum terbukti secara klinis dapat mengatasi kutil kelamin. Untuk menghilangkan bau tidak sedap, tentunya penyebab infeksinya dulu-lah yang harus disingkirkan. Penggunaan air rebusan daun sirih atau produk pewangi vagina lainnya dikhawatirkan justru akan mengganggu keseimbangan flora normal (bakteri baik) di vagina sehingga menyebabkan infeksi rentan datang kembali. Karenanya sebaiknya Anda hindarkan penggunaannya kecuali disarankan oleh dokter.

    Demikian juga dengan albothyl. Albothyl merupakan produk yang mengandung policresulen. Obat ini berguna dalam membantu mengatasi infeksi pada organ kelamin. Akan tetapi, penggunaannya untuk mengatasi kutil kelamin sebaiknya dilakukan HANYA di bawah pengawasan dokter.

    Karenanya, sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, sebaiknya Anda memeriksakan diri dulu ke dokter ya..

    Untuk membantu mengatasi bau tidak sedap di vagina, selain menjalani pengobatan kutil kelamin ke dokter, Anda bisa sambil melakukan beberapa tips berikut:

    • Senantiasa jaga kebersihan organ intim, yakni dengan cara:
      • Membilasnya dengan air bersih setiap habis buang air
      • Gunakan celana yang bersih, berbahan lembut, tidak ketat
      • Tidak bertukar celana dalam dengan orang lain
    • Tidak perlu menggunakan produk pewangi vagina atau produk herbal lainnya
    • Hindari seks bebas

    Kutil kelamin kemungkinan tidak berpotensi menjadi kanker (misalnya kanker serviks), karena penyebab kedua kondisi ini berbeda, meski masih tergolong kelompok virus yang sama. Kutil kelamin lebih disebabkan oleh virus HPV tipe 6 dan 11. Sedangkan Kanker serviks disebabkan oleh virus HPV tipe 16 dan 18.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah