Tanya Dokter

  • Proses penyembuhan kutil kelamin yang tuntas

  •  Sa Nisa
    Anggota

    Ass...dok saya berusia 20th menderita kutil kelamin...saya sudah pernah pergi ke dokter, dan sudah pernah laser jg...dan setelah 3 minggu kutil itu tumbuh lg..dan sudah saya obati jg dgn TCA...tp stlah itu bagian kutil nya itu memutih saja..dan untuk penyembuhanya yg tuntas bagaimna dok ?

    Hai, Kutil kelamin / Genital wart merupakan penyakit  yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus / HPV. http://www.alodokter.com/hpv Sekali HPV menyerang seseorang maka virus ini akan tetap berada dalam tubuh seseorang yang terinfeksi walaupun telah dilakukan pengobatan atas gejala yang ditimbulkan HPV ini. Oleh karena itu penyakit kutil kelamin ini merupakan penyakit yang sangat rentan untuk menjadi kambuh. http://www.alodokter.com/kutil-kelamin Pengobatan kutil kelamin bisa dengan menggunakan obat oles / tindakan operatif ringan seperti laser dll. Namun tindakan ini hanya menghilangkan kutil yang telah ada saja sementara penyebab kutil (HPV) tetap berada dalam tubuh penderita. Langkah pencegahan yang bisa diambil adalah :

    1. Jangan menyentuh kutil secara langsung.
    2. segera mencuci tangan jika tangan menyentuh kutil.
    3. Hindari seks bebas dan setia kepada pasangan yang Anda tau bahwa tidak terinfeksi HPV.
    4. Gunakan kondom.
    5. Jangan berbagi barang pribadi seperti pisau cukur, sisir, gunting kuku, celana dll.
    6. Istirahat cukup, makan gizi seimbang supaya daya tahan tubuh tidak menurun.
    7. Hindari merokok/ asap rokok.
    Sementara pengobatan dengan TCA (asam trikloroasetat) memang akan menimbulkan bagian kutil berubah menjadi putih karena efek dari TCA. Semoga membantu.   dr. Yusi