Tanya Dokter

  • Kutil kelamin dan HIV

  •  Zhent Chiboy
    Anggota

    Malam dok.. mau nanyak, kira" penyakit kutil kelamin bisa disembuhkan dengan cepat gak?? Dan jika tidak disembuhkan dengan tepat bisa jd HIV AID gak?? Mohon pencerahannya..

    Hai,   Untuk menyembuhkan kutil kelamin dengan cepat Anda bisa melakukan metode ablasi seperti :

    1. laser,
    2. cryoterapi
    3. bedah potong
    4. kauter.
    Metode diatas bisa dilakukan pada kutil yang banyak dan bergerombol.   Namun jika kutil Anda hanya sedikit dan kecil maka pilihan obat topikal bisa diberikan yaitu dengan pemberian obat topikal seperti :
    1. Imiquimod solution.
    2. Asam trikloroasetat solution
    3. Podophylotoxin solution.
    Biasanya begitu tindakan metode ablasi selesai maka kutil akan menghilang dari kelamin Anda. Namun virus HPV penyebab kutil masih akan tetap berada dalam tubuh Anda dan bisa menimbulkan keluhan kutil baru kembali pada kelamin Anda. Makan gizi seimbang, menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh, istirahat cukup dan berpantang seks bebas dan menggunakan kondom bisa mengurangi keluhan timbulnya kutil yang baru dan juga mencegah penularan kutil kepada orang lain. Virus penyebab kutil kelamin dan HIV Aids tidaklah sama. Namun jika Anda pengidap kutil kelamin akibat hubungan seks tanpa pengaman maka resiko Anda tertular HIV akan semakin tinggi. Baca topik Kutil Kelamin dan HIV. Semoga membantu.   dr. Yusi