Tanya Dokter

  • Mengatasi kutil pada kelamin

  • hy dok.. sya mau tnya.. klo kutil itu penyakit berbahaya ndx sehc dok..?? dan gimana klo kutil.na d alat kelamin..?? gimana mengatasinya dok..??

    Puput Chimoedtz Chimoedtz  Watashi Midul
    Anggota

    Apa pernah melakukan hubungan layaknya suami istri?

    sebenarnya yang terkena kutil itu suami sya..

    Hai Puput, Kutil kelamin merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi HPV/human papilloma virus. Gejalanya adalah timbul kutil pada area kelamin yang dapat muncul satu persatu ataupun timbul bergerombol membentuk struktur menyerupai kembang kol atau jengger ayam. Kutil kelamin ditularkan melalui kontak kulit saat melakukan hubungan seksual. Penanganannya adalah dengan pemberian obat topikal (asam trikloro asetat, podofilotoksin) ataupun prosedur ablasi (eksisi, bedah listrik, bedah laser). Namun demikian, perlu diketahui bahwa benjolan yang timbul area kelamin pria tidak selalu disebabkan oleh kutil kelamin. Terdapat berbagai kemungkinan penyebab lainnya yang dapat menimbulkan benjolan di kelamin seperti:

    Oleh karena itu untuk dapat menentukan pengobatan yang tepat bagi suami Anda tentunya terlebih dahulu harus dipastikan penyebabnya. Sebaiknya suami Anda berkonsultasi dengan dokter spesialit kulit dan kelamin agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Tes penunjang mungkin akan dianjurkan apabila diperlukan (seperti tes darah dan sebagainya) untuk menelusuri penyebabnya sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai kondisi dasarnya. Berikut ini anjuran bagi suami Anda:
    • Menjaga kebersihan area kelamin
    • Kenakan pakaian dalam berbahan katun dan tidak ketat, serta menggantinya secara teratur
    • Hindari kebiasaan mencabut atau mencukur rambut kemaluan terlalu dalam
    • Hindari memencet atau memecahkan benjolan yang timbul
    • Sebaiknya pasangan suami-istri melakukan pengobatan secara bersama-sama untuk mencegah terjadinya efek ping-pong (kembali saling menularkan)
    Artikel berikut ini memuat topik yang terkait: Penyebab benjolan di penis Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman

    ok dr. Muliani.. makasi jawaban.na