Tanya Dokter

  • Solusi atasi adhesi labial pada anak

  • Selamat pagi dok Apakah berbahaya jika sebagian labia minora nempel dengan labia mayora ? Karena saya baru sadar sekarang ini saya cebokin anak saya ternyata labia minoranya ada yg nempel ke labia mayora... Apakah yang harus saya lakukan sebelum periksa ke dokter ? Terimakasih

    Halo Ibu Rima, 

    Bagian tubuh manusia tidak ada yang 100 persen simetris, begitu juga bentuk labia mayora dan labia minora. Kadang bisa terjadi variasi anatomis saja, selama tidak mengganggu fungsinya. Meski begitu, untuk memastikan apakah ada kelainan atau tidak, perlu diperiksa secara langsung oleh dokter. Bisa saja penempelan disebabkan karena infeksi atau iritasi. Selain itu perlu juga dipastikan apakah keluhan disebabkan oleh penyebab lain misalnya adhesi labial, hymen imperforata, atau kelainan lain.

    Adhesi labial adalah penempelan labia minora kiri dan kanan di tengah. Adhesi labial bisa sebagian maupun seluruhnya. Biasanya terjadi pada anak usia 3-6 tahun, tetapi bisa juga terjadi saat bayi maupun dewasa. Biasanya tidak bergejala, namun bisa juga ada keluhan sulit atau nyeri saat buang air kecil, atau infeksi saluran kemih. Penyebab dari adhesi labial ini tidak diketahui dengan pasti, kemungkinan karena estrogen yang rendah, iritasi vulva atau infeksi berulang. Sebagian adhesi labial tidak memerlukan penanganan, namun pada kondisi tertentu misalnya timbul gejala, vagina tertutup seluruhnya atau atas pertimbangan lain sesuai kondisinya, bisa dilakukan penanganan misalnya dengan salep estrogen atau pembedahan. 

     

    Salam, 

    dr. Mega