Tanya Dokter

  • Labira minor menggelambir

  •  Cikalisa
    Anggota
    Hallo dok, slmt siang Dok kenapa ya salah satu labira minora saya menggelambir panjang? Cuma hanya salah satunya saja yg begitu dok dan saya pantau ukurannya tetep cuma segitu aja kok dok. Saya merasa nyaman kok dok, tidak ada rasa gatal, nyeri, keputihan yg berlebihan. Apakan labira minora yg menggelambir sprti ini bahaya dok? Apakah akan mengganggu kesuburan saya. Terimakasih dok
    Cikalisa  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Cikalisa,

    Labia pada vagina ada 2 jenis yaitu labia mayoraa daan labia minora. Terkadang bentuk dan ukuran labia, baik mayora dan minora, bisa berbeda antara kanan dan kiri. Begitupun dengan kasus Anda, labia minora yang berbeda ukuran dan salah satunya menggelambir panjang uumnya merupakan variasi anatomis yang masih dalam batas normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

    Labia yang menggelambir panjang juga tidak menggangu kesuburan maupun fungsi organ reproduksi Anda. Hanya saja jika terlalu panjang mungkin akan menyebabkan rasa tidak nyaman saat duduk karena bisa terjepit. Sedangkan jika Anda tidak merasa terganggu dengan labia yang menggelambir, maka Anda tidak perlu risau karena tidak berhubungan dengan kesuburan.

    Jika Anda merasa tidak nyaman, Anda bisa berkonsultasi denan dokter bedah plastik agar bisa dilakukan labioplasty atau operasi koreksi bentuk dan ukuran labia, tentunya dengan resiko pasca perasi seperti operasi lainnya.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Anatomi vagina

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y