Tanya Dokter

  • Lama pengobatan TB

  • Pagi dok,saya penderita tb aktif.katanya pengobatan fase intensif tb selama 2 bln dgn menggunakan obat yg berwarna merah,tp knp dokter menyuruh saya meminum obat tb yg merah selama hampir 3 bln dok?apa dengan begitu lama proses pengobatan tb saya menjadi lebih dari 6 bln?
    Ema Silviani 'takizawa'  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    TBC merupakan suatu infeksi yang disebabkan karena bakteri mycobacterium tuberculosis. Bakteri tersebut termasuk ke dalam Bakteri Tahan Asam ( BTA).  TBC dapat menginfeksi berbagiai organ tubuh, salah satunya paru. 

    Pengobatan TBC membutuhkan waktu yang cukup lama, tergantung dari keadaan anda. Pengobatan TBC minimal berlangsung selama 6 bulan atau bahkan lebih.

    TBC bukan merupakan suatu penyakit yang berbahaya, selama kita rutin mengkonsumsi obat sesuai anjuran dokter dan melakukan kontrol secara berkala. 

    Obat TBC yang berwarna merah merupakan obat yang digunakan selama fase intensif. Fase intensif biasanya digunakan pada tahap awal pengobatan selama 2 bulan. Lalu setelah 2 bulan, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan dahak ulang untuk menilai apakah masih ada BTA di dalam sputum/ dahak anda, jika setelah 2 bulan ternyata didapatkan masih ada BTA, maka biasanya akan dilakukan sisipan atau penambahan pengobatan fase intensif selama 1 bulan lagi lalu kemudian nanti akan dicek ulang kembali. 

    Jika memang nanti setelah sisipan fase intensif tersebut masih terdapat BTA, maka mungkin nanti dokter akan merujuk anda ke dokter spesialis paru untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut.

    Untuk membantu masa penyembuhan, maka kepatuhan minum obat sangat penting oleh karena itu disarankan agar anda rutin dan teratur mengkonsumsi obat TBC. Konsumsi makanan bergizi tinggi seperti telur, tahu tempe, susu, daging ayam, daging ikan. Gunakan masker ketika berada di luar rumah. Jangan membuang dahak sembarangan. Istirahat cukup dan jangan merokok. Hindari stres berlebihan juga penting dalam masa penyembuhan. 

    Berikut artikel yang dapat anda baca mengenai TBC

    semoga bermanfaat. Terimakasih

    dr. Danny