Tanya Dokter

  • Lama penyembuhan tulang yang retak

  •  AndraP
    Anggota
    Permisi dokter numpang tanya,saya umur 21 kmaren kaki saya retak bagian fibula,bahasa dokternya fraktur fibula distal,dan telah dipasangi pen pada tanggal 23,nah pertanyaan saya kapan saya bisa sembuh,berjalan seperti biasa,dan naik motor lagi,karena kaki saya sudah tidak sakit lagi saat digerakan,dan sudah bisa jalan hanya saja masih pincang,mungkin masih kaku

    Dear Andra,

    Pemasangan pen sering dilakukan pada kasus patah tulang. Dokter spesialis bedah tulang (Sp. OT) memasang pen ini dengan tujuan agar letak tulang berada pada posisi yang benar hingga proses penyembuhan dan penyatuan tulang menjadi sempurna. Jenis pen yang dipakai umumnya terbuat dari bahan stainless steel atau titanium. Titanium memiliki keunggulan berupa:

    • reaksi penolakan tubuh terhadap pen hampir tidak ada
    • risiko infeksi kuman lebih kecil dibanding stainless steel
    • tidak harus diangkat apabila tidak ada keluhan


    Namun pen dari titanium ini mempunyai kekurangan berupa harganya yang mahal dan umumnya harus dipesan dulu sebelum bisa dipakai. Karena kelemahan ini, pada kasus emergensi sulit untuk mendapatkan pen berbahan titanium ini.

    Penggunaan pen berbahan stainless steel masih sangat luas dikarenakan harganya yang lebih murah dan lebih mudah didapatkan. Namun risiko infeksi dan reaksi penolakan lebih besar dibanding titanium. Pen berbahan stainless steel lebih baik dilepas setelah setelah proses penyembuhan tulang selesai. Apalagi pada anak-anak, bila pen tidak dilepas dapat mengganggu pertumbuhan tulang.  Kecuali pada orang tua, pen tidak perlu diangkat kecuali ada keluhan.

    Lama penyembuhan patah tulang umumnya 6-8 minggu setelah operasi. Namun untuk menjaga stabilitasnya Anda sebaiknya menghindari gerakan atau aktivitas yang berat.

    Sebaiknya konsultasikan lebih dahulu dengan dokter bedah tulang. Dokter akan memberikan rekomendasi terbaik sesuai dengan kondisi Anda.

    Berikut diskusi lain yang dapat Anda baca:

    Pen di lengan selama 10 tahun

    Semoga bermanfaat dan salam,

    dr. Rony Wijaya