Tanya Dokter

  • demam dan perut sakit seperti ditusuk

  • Dok, saya mau tanya 1 tahun yang lalu saya terkena liver, kemudihan sembuh total karena sudah di cek seluruhnya. Kemudian, akhir - akhir ini selama 3 hari awalnya demam, kemudian setelahnya perut saya sakit, apalagi kalau malam - malam sering sakit seperti di tusuk dok. Menurut dokter saya harus bagaimana? mungkin dari penjelasan singkat dokter bisa mendiagnosa langsung penyakit saya dan obatnya. Terima kasih atas penjelasanya. :)

    Hai, Demam dapat menunjukkan adanya gejala infeksi di tubuh, dapat disebabkan oleh virus, bakteri, maupun parasit. Saat tubuh kekurangan cairan, hal ini juga dapat meningkatkan suhu tubuh. Demam terjadi jika dari pengukuran suhu tubuh menggunakan termometer, didapatkan hasil di atas 37.5 derajat celcius. Penyebab dari nyeri perut juga bermacam-macam, diantaranya:

    • gastritis, peningkatan asam lambung
    • infeksi di usus
    • gangguan pada kandung empedu/ pankreas
    • radang usus buntu, terutama nyeri pada perut kanan bawah
    Usahakan untuk memiliki pola makan teratur, konsumsi makanan yang tidak menimbulkan iritasi pada saluran pencernaan seperti pedas dan kecut, menghindari konsumsi alkohol/ minuman mengandung kafein, tidak merokok, menghindari stres, serta memiliki waktu istirahat yang cukup. Jika keluhan masih berlanjut, sebaiknya Anda periksa ke dokter. Pemeriksaan fisik yang dilakukan dan tes medis seperti tes darah dan USG dapat membantu untuk mengetahui penyebab dari keluhan yang dirasakan. Sehingga dapat segera diberi penanganan yang tepat. Halaman berikut membahas lebih detail tentang demam dan sakit perut: http://www.alodokter.com/demam/ http://www.alodokter.com/sakit-perut/   Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto