Tanya Dokter

  • Pengobatan gastritis kronik ulcerativa

  •  Santo Ale
    Anggota

    alo dokter.Saya sering sakit di uluhati, sudah USG hasilnya di waspadai adanya nephritis akut sinistra dan di sertai proses gastritis kronik ulcerativa.obat apa yang harus saya konsumsi untuk sakit yang saya derita?makanan apa yang boleh dan tidak bolehsaya konsumsi?terimakasih

    Halo Santo, Gastritis Kronik Ulcerativa atau yang orang umum kenal dengan sakit maag adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya radang, iritasi atau erosi pada dinding dari lambung. Hal ini bisa terkadi akut dan kronik. Gastritis disebabkan oleh :

    • Makan tidak teratur
    • Minuman alkohol
    • Muntah kronis
    • Memakan obat-obatan yang dapat melukai dinding lambung seperti : aspirin dan obat-obatan penghilang rasa nyeri lainnya.
    • Bakteri : Helycibacter Pylory
    Gejala-gejala ini antara lain :
    1. Mual dan muntah
    2. Kembung
    3. Sering bersendawa
    4. Nyeri pada perut bagian atas kiri, perih, dan hilang timbul
    5. Perasaan panas disela makan.
    Obat-obatan yang diberikan adalah :
    1. Antasida : obat ini dijual bebas dipasaran, untuk meredaan asam lambung yang meningkat pada tubuh.
    2. H2 Blocker : obat ini untuk mengurangi kadar asam lambung dalam tubuh. Tidak dijual bebas dan membutuhkan resep dokter. Nama obat ini salah satunya ranitidine, cimetidine. dll
    3. PPI (Proton Pump Inhibitor) : Obat ini tidak jual bebas, dan membutuhkan resep dokter. Mempunyai fungsi mengurangi kadar asam lambung. Nama obat adalah omeprazole, pantoprazole,dll.
    4. Sucralfat : Adalah obat untuk melapisi lambung.
    Bila ada keluhan seperti muntah hitam, muntah darah, gejala maag yang tidak hilang walaupun sudah minum obat lama, sampai BAB hitam. Sebaiknya anda periksakan diri anda ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam. Anda akan dilakukan pemerikaan darah sampai pemeriksaan USG dan Endoskopi. USG dilakukan untuk melihat secara lebih keruksanan anatomi dari lambung namun tidak dapat melihat penyebab pasti gastritis(maag). Perlu dilakukan pemeriksaan endoskopi yang memasukan alat kamera kecil kedalam lambung anda, dokter spesialis akan mengambil sedikit jaringan lambung anda dan melakukan pemeriksaan laboratorium. Bila ini disebabkan oleh bakteri H. Pylori, dokter akan memulai terapi eradikasi H.Pylori. Untuk Nephritis adalah penyakit oleh karena peradangan pada ginjal. Hal ini dapat menurunkan fungsi ginjal. Penyebab dari nephritis beragam antara lain infeksi, autoimmune, ataupun penyakit ginjal. Dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut untuk mementukan penyebab pasti dari penyakit ini. Anda bisa datang ke dokter spesialis penyakit dalam, dengan subspesialis ginjal. Dokter akan membantu menjelaskan dan mencari penyebab dari penyakit nephritis ini. Untuk mencegah memperberat penyakit Nephritis anda bisa lakukan :
    1. Minum air secukupnya
    2. Hindari minuman gula dan berpengawet
    3. Tekanan darah dalam kontrol
    4. Kurangi makan-makanan mengandung banyak garam
    5. olahraga dengan teratur.
    Dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan lambung anda.
    1. Hindari makanan pedas dan asam
    2. Makan dengan jangka waktu teratur
    3. Duduk saat makan
    4. Istirahat cukup
    Semoga hal ini membantu anda, terimakasih dr. Renate Parlene Marsaulina  

    Santo Ale  Santo Ale
    Anggota

    Terimakasih atas jawabannya dr. Renate Parlene Marsaulina..