Tanya Dokter

  • Penyebab buang air besar hitam

  • Hallo dokter! Saya baru keluar dari rumah sakit.kata dokter ahli dalam usus saya infeksi,sring naik asam lambung saya juga kena lamena (buang air besar hitam)...sekarang sudah agak baikan...apa saya boleh mengkonsumsi sari kurma ? Makanan apa saja yg bisa saya konsumsi ?

    Halo, Buang air besar warna hitam secara medis disebut melena. Hal ini terjadi karena luka pada saluran pencernaan atas seperti lambung mengalami luka dan mengeluarkan darah. Darah tersebut mengalir melalui saluran pencernaan dan bergabung dengan feses dan menyebabkan warnanya hitam. Penyakit yang paling sering menyebabkan hal tersebut adalah gastritis. Sampai saat ini belum ada penelitian yang menyatakan bahwa sari kurma dapat mengurangi atau memperparah gejala gastritis. Menurut kandungannya sari kurma terdiri dari beberapa vitamin dan mineral yang tidak akan memperburuk keadaan gastrtitis. Makanan yang tidak disarankan untuk penderita gastritis adalah makanan dan minuman yang meningkatkan asam lambung seperti:

    • makanan yang terlalu pedas, asam dan berlemak
    • minuman yang tinggi kafein
    • minuman beralkohol
    Pastikan sari kurma atau obat herbal lainnya yang ingin Anda konsumsi memiliki ijin dari BPPOM RI untuk memastikan keamanannya. Semoga membantu, terimakasih

    Terimakasih dokter jawabannya. Kalau perut sudah diisi beberapa jam kemudian perut dan pinggang panas sampai demam.akan terasa baikan setelah BAB...tapi sudah tdk melena lagi...agak encer & berwarna kuning. O y dok,waktu di rumah sakit saya puasa 2 hari 2 malam dan berbuka minum susu(dikasih dokter) bukannya penderita maag tdk boleh minum susu ?