Tanya Dokter

  • Penyebab langit-langit mulut mati rasa

  •  faresd
    Anggota

    halo dok saya mau bertanya

     

    jadi beberapa hari ini langit langit saya benar benar tidak merasa apa apa saat disentuh oleh lidah saya, sejujurnya saya merasa takut karena beberapa mitos yang mengartikan  hal yg buruk. apakah ada penjelasan secara medisnya dok? dan apakah bisa kembali geli lagi, karena saya terparah hanya merasa gelinya sedikit saja tapi tidak benar benar hilang seperti ini

     

    mohon bantuannya dok

    terima kasih

    Halo, terimakasih atas pertanyaan yang Anda sampaikan.

    Keluhan-keluhan seperti kehilangan sensasi perasaan dapat disebabkan oleh sejumlah penyebab, tetapi penyebab yang paling umum adalah masalah pada saraf. Langit-langit mulut (palatum) , untuk fungsi sensasi dipersarafi oleh saraf yang diebut nervus maksilaris, cabang dari saraf trigeminal (saraf otak ke-5). Pada dasarnya segala macam hal yang mungkin mengganggu saraf ini dapat menyebabkan keluhan serupa.

    Kelainan mulai dari cedera / trauma pada ujung-ujung reseptor saraf karena panas (makanan / minuman terlalu panas)atau  dingin dapat menyebabkannya. Kondisi seperti entrapment / jepitan pada saraf tersebut, kekurangan vitamin tertentu seperti vitamin B12, sampai karena reaksi tubuh terhadap infeksi virus tertentu dapat menyebabkan hal serupa. Kelainan senstral pada saraf pusat (otak) seperti stroke, tumor, sampai kelainan seperti multiple sklerosis bisa saja menyebabkan hal ini. Kelainan metabolik seperti diabetes juga dapat merusak saraf dan ,enyebabkan hal serupa. Pada intinya, kemungkinannya sangat banyak.

    Saya kira sebaiknya Anda menemui dokter khususnya ahli saraf / neurolog untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut terkait hal ini, Wawancara medis dan pemeriksaan fisik mungkin dapat membantu untuk menyingkirkan sebagian dari penyebab yang mungkin dan memberikan petunjuk terhadap pemeriksaan lanjutan apa yang perlu dilakukan.

    Penanganan harus sesuai dengan kondisi yang mendasari. Misalnya jika semata-mata hanya disebabkan karena kekurangan vitamin, maka terapi mungkin hanya perlu dengan pemberian vitamin B12, jika ternyata karena entrapmen / jepitan saraf mungkin pemberian kortikosteroid diperlukan dan l;ain sebagainya.

    neuropati

    Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

     

    dr. Lili