Tanya Dokter

  • Terdapat bercak putih pada rongga mulut anak

  •  Bun Endo
    Anggota

    sore dok. sudah seminggu ini langit2 anak saya putih, (seperti di dp saya) . walaupun tidak mengganggu selera makan tapi saya khawatir dok. apakah kmungkinan anak saya terinfeksi jamur candida di mulutnya? ada kah obat yang aman? soalnya kmren berobat cuma di kasi gentian violet,...thanks

    Bun Endo  Bun Endo
    Anggota

    maksudnya 1,5 tahun atau 18 bulan. tks

    Halo, Bercak putih pada rongga mulut, atau dapat disebut oral thrush, dapat berbentuk sebagai bercak tunggal, bercak multipel, dan dapat berbentuk pola linier, lesi yang meninggi, bercak yang menyebar, dan daerah yang bercampur antara putih dan kemerahan. Lesi putih dapat muncul pada rongga mulut karena sering terendam air atau cairan terus menerus sehingga muncul bercak putih seperti halnya telapak kaki dan tangan yang terendam dalam air untuk waktu yang lama. Bercak putih pada rongga mulut dapat disebabkan oleh karena:

    • Trauma dan gesekan, misalnya pada penggunaan alat pada gigi, seperti gigi palsu, kawat gigi dan alat lainnya dalam rongga mulut.
    • Akibat konsumsi tembakau, biasanya bercak putih muncul pada langit-langit mulut. Bercak putih luas, dan ditengahnya terdapat bintik merah yang merupakan kelenjar ludah yang mengalami iritasi
    • Candidosis, disebabkan oleh jamur candida yang aktif saat terjadi ketidakseimbangan flora normal pada rongga mulut. Bercak putih lebar, dan berbentuk seperti lapisan tipis yang dapat dihapus dengan mudah. Ketika dihapus, tersisa dasar yang berwarna kemerahan.
    • Liken planus, bercak putih bersifat sebagai garis keputihan, plak putih, daerah yang kemerahan, daerah yang mengalami ulserasi, atau radang gusi yang mengelupas. Liken planus tidak diketahui penyebabnya, namun diduga disebabkan oleh karena proses imunologi.
    • Leukoplakia, merupakan bercak putih pada rongga mulut yang tidak dapat digolongkan dalam penyakit lainnya. Penyebab leukoplakia tidak diketahui, namun diduga penggunaan alkohol dan rokok berhubungan dengan kejadian leukoplakia.
    Jika pada rongga mulut bayi terdapat bercak putih, kemungkinan penyebabnya disebabkan oleh karena jamur candida. Infeksi jamur tersebut sering terjadi pada anak usia dibawah 2 tahun. Hal ini disebabkan oleh karena sistem imunitas anak yang belum berkembang dengan sempurna seperti orang dewasa. Pada banyak kasus oral thrush, sembuh dan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari tanpa pengobatan. Jika gejala menetap atau mengganggu, segera hubungi dokter. Dalam kasus demikian, dapat diberikan obat gel atau obat tetes anti jamur seperti nystatin. Untuk mengetahui secara pasti penyebab dari keluhan tersebut, ada baiknya Anda mengunjungi dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, kemudian menentukan pengobatan yang sesuai. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga membantu. dr. Agatha

    Malam Dok.. Saya Ais usia 25 th.. 2 Minggu belakangan saya melihat ada bercak putih pada rongga pipi saya sebelah kanan.. selang 3 hari gusi saya bengkak sebelah kiri di gigi bungsu.. dan saya sudah ke Dr gigi 5 hari yang lalu gusi saya sudah lumayan membaik tdk bengkak lagi. Ada 2 gigi saya yg sebelah kanan itu kasar tapi bukan gigi palsu juga.. Tapi bercak putihnya blm hilang.. saya tdk merokok, tdk konsumsi alkohol, saya juga tdk konsumsi tembakau.. saya binggung Dok harus gimana buat menghilangkan flek putih di rongga pipi saya.. mungkin dokter bisa menjelaskan atau menyarankan untuk konsumsi obat apa untuk penyembuhan saya.. makasih Dok..