Tanya Dokter

  • Apakah operasi kista batholini berbahaya?

  • Selamat pagi dok.. .saya mau tanya nih.. .dok, saya sekarang lg kena kista kelenjar bartholini. Mau saya oprasi dok tp saya kok takut dok.. .sebenernya oprasi bartholini tu bahaya ndak dok? Terus lebih bahaya mana oprasi bartholini sama oprasi ceasar?
    Niswatun Nadhifah  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Niswatun,

    Kista bartholini adalah benjolan berisi cairan yang terjadi pada kelenjar bartholini (kelenjar disekitar vagina yang bertugas mengeluarkan cairan pelumas ketika berhubungan).

    Kista bartholini bisa menimbulkan gejala berupa benjolan lunak disebelah vagina. Apabila benjolan terinfeksi, maka akan bisa terasa nyeri. Untuk mendeteksi kista bartholini cukup dengan wawancara dan pemeriksaan fisik, apabila diperlukan bisa dilakukan tes cairan vagina dan biopsi.

    Penanganan kista bartholini yang kecil bisa dengan antinyeri, berendam dalam air hangat, disertai antibiotik bila perlu. Namun jika kista besar dan mengganggu atau menimbulkan keluhan, maka dibutuhkan penanganan lebih lanjut oleh dokter, bisa dengan:

    • Pengeluaran abses / nanah dengan kateter
    • Marsupilasi kista
    • Prosedur pengangkatan kista

    Jenis penanganan akan disesuaikan dengan kondisi Anda ya. Anda tidak perlu takut atau khawatir dengan operasi kista bartholini, sejauh ini prosedur tersebut cukup aman selama dilakukan oleh dokter yang kompeten dibidangnya. Sama seperti tindakan medis lainnya, prosedur operasi kista juga memiliki resiko efek samping misalnya infeksi pasca operasi, timbul jaringan parut, dan kekambuhan kista. Untuk mengurangi resiko efek samping, dokter bisa memberikan obat tambahan pasca operasi. Sebaiknya Anda mengikuti anjuran dokter yang merawat Anda supaya proses pemulihan berjalan lancar ya.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Kista bartholini

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y