Tanya Dokter

  • Lebih baik menasehati atau memarahi anak yang hiperaktif

  • Assalamualaikum , selamat pagi dok. Saya punya tetangga yang anaknya hiperaktif. Ya cukup menggangu kalo dia lagi main di luar rumah. saran dokter lebih baik saya nasehatin atau gimana? cara nasehatin yang baik gimana dok? 

    Hai iqbalchaniagoo,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Perlu Anda ketahui dulu, hiperaktif berbeda dengan aktif.

    Anak yang masih kecil memang cenderung tampak hiperaktif karena besarnya rasa ingin tahu mereka sehingga membuatnya selalu ingin mengeksplorasi apa saja yang ada di lingkungannya. Orang tua yang kewalahan karena tidak dapat mengimbangi aktifnya anak inilah yang kerap menganggapnya hiperaktif, padahal sesungguhnya belum tentu demikian. Selama anak tersebut masih dapat mengikuti perintah dengan baik, bisa berinteraksi dengan baik dengan keluarga dan lingkungannya, maka ia belum tentu tergolong hiperaktif (ADHD attention deficit hyperactivity disorder).

    Gampang-gampang susah memang menghadapi anak yang aktif. Namun, percayalah hal ini justru menandakan bahwa anak tersebut memiliki kecerdasan yang baik. Hindari memarahi anak karena bisa membuatnya takut dan trauma untuk selalu mencoba hal baru. Langkah yang lebih bijak yang Anda lakukan sebagai tetangga adalah selalu mengawasinya dalam setiap gerak-geriknya. Jika anak tersebut melakukan tindakan yang berpotensi membahayakan dirinya atau orang di sekitarnya, maka Anda bisa menasihatinya dengan kata-kata yang baik, jangan menghardik atau membentaknya. Jelaskan alasan mengapa ia tidak diperkenankan melakukan hal berbahaya tersebut. Dan juga beri ia contoh bagaimana melakukan sesuatu dengan lebih baik. Sampaikan nasihat tersebut dalam kalimat yang sederhana dan mudah dimengerti oleh anak. Beri ia pujian atau penghargaan saat ia bisa mengikuti nasihat Anda. Dan beri ia teguran (bukan omelan) ketika ia tidak mematuhinya.

    Adalah tugas utama orang tua untuk mendidik buah hatinya agar menjadi pribadi yang baik dan sehat. Karenanya, jika Anda merasa sangat terganggu, beritahukan langsung keluhan Anda terhadap anak tersebut kepada orang tuanya. Sampaikan dengan baik-baik agar tidak ada pihak yang merasa tersinggung.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah