Tanya Dokter

  • lebih baik pakai pompa asi manual atau pompa asi electrik ?

  •  Eka Juhaeni
    Anggota

    selamat siang dok saya mau bertanya , saya kan bekerja nah tapi saya tidak mau jika anak saya di beri tambahan susu formula , saya ingin nya anak saya hanya meminum susu asi saja , apakah saya harus memakai pompa asi manual atau electric ya dok ? mohon jawabannya terima kasih

    Hai Eka,

    Memberikan ASI eksklusif bagi sang buah hati merupakan tantangan tersendiri bagi ibu bekerja, karena harus cermat mengatur waktu dan menyiasati cara menampung dan memberikan ASI, sekalipun sang ibu tidak selalu ada di rumah setiap saat. Kami mengapresiasi dan mendukung keinginan Anda untuk tetap memberikan ASI eksklusif karena hal ini sangat baik bagi perkembangan dan pertumbuhan bayi Anda.

    Dewasa ini untuk memudahkan pemberian ASI sudah banyak dijual pompa ASI yang dapat digunakan untuk memerah atau memompa ASI. Pompa ASI ada yang manual dan elektrik. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga pemilihannya akan sangat tergantung pada kebutuhan Anda. Berikut ini beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan bagi Anda:

    -Pompa manual: digerakkan dengan tangan, ukurannya lebih kecil dan harganya lebih murah. Namun diperlukan tenaga yang lebih banyak dan waktu yang lebih lama untuk memompa ASI.

    -Pompa elektrik: digerakkan dengan listrik atau baterai, sehingga lebih mudah digunakan karena tidak memerlukan tenaga fisik dan dapat menghemat waktu. Namun Harga pompa elektrik lebih mahal, selain itu ukurannya lebih besar dan lebih berat, serta mengeluarkan bunyi saat digunakan (bunyi mesin).

    Pompa manual dan pompa elektrik sama baiknya, sehingga pemilihan antara keduanya sebaiknya didasarkan pada kebutuhan Anda dan situasi di mana Anda melakukan pompa ASI. Misalnya, bila pada saat bekerja Anda hanya memiliki waktu yang singkat untuk melakukan pompa ASI, tentunya penggunaan pompa elektrik akan lebih praktis dan lebih cepat. Namun bila situasi di tempat kerja Anda tidak memungkinkan untuk melakukan pompa ASI dengan cara elektrik (misalnya saja sulit mencari colokan kabel listrik) maka pompa manual dapat menjadi alternatif pilihan.

    Jenis pompa ASI manapun yang akhirnya Anda pilih, tetap perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini:

    -Pilih pompa ASI dengan corong pompa yang pas dengan ukuran payudara agar ASI tidak merembes keluar

    -Pastikan untuk selalu mencuci tangan sebelum melakukan pompa ASI

    -Gunakan pompa sesuai dengan instruksi pemakaian

    -Pada saat memompa ASI pastikan puting payudara berada di tengah-tengah corong agar tidak bergesekan dengan corong dan melukai payudara

    -Bersihkan pompa ASI secara teratur (lihat petunjuk cara mencuci pompa pada manual)

    -Hindari saling meminjam pompa ASI untuk menghindari penularan infeksi

    -Lakukan pompa ASI dengan enjoy, karena hal ini dapat mempengaruhi produksi ASI Anda

    Informasi berikut ini dapat berguna:

    Memilih pompa ASI

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman

    Eka Juhaeni  Eka Juhaeni
    Anggota

    apakah memompa ASI tidak mengurangi kadar gizi yang diperlukan oleh anak dok ? ada batasan tidak dok dalam menggunakan pompa ASi electric ini dok ?